10 Biografi Sahabat Nabi SAW yang Dijamin Masuk Surga (1)

Allah SWT menjamin Nabi dan para sahabatnya yang setia akan dimasukkan ke dalam surga.

Dari  ratusan sahabat Nabi itu, ada 10 orang sahabat Nabi yang telah terjamin masuk surga.

Sebuah hadis dari Nabi SAW mengungkap identitas mereka.

عَنْ عَبْد الرَّحْمَنِ بْن عَوْفٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبُو بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِي الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ وَعَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ وَطَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ وَالزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ وَسَعْدٌ فِي الْجَنَّةِ وَسَعِيدٌ فِي الْجَنَّةِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِي الْجَنَّةِ . رواه الترمذي

“Dari Abdurrahman bin Auf, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Abu Bakar di surga, Umar di surga,

Utsman di surga, ‘Ali di surga, Thalhah di surga, Zubair di surga, Abdurrahman bin ‘Auf di surga, Sa’ad di surga, Sa’id di surga, Abu ‘Ubaidah bin Jarrah di surga.” (HR. At-Tirmidzi).”

Loading...

Ini adalah profil singkat 10 sahabat Nabi  yang dijamin masuk surga tersebut:

Pertama, Abu Bakar Ash-Siddiq
Sahabat yang satu ini adalah Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu nama aslinya ‘Abdullah bin Abu Quhafah.

Abu Bakar lahir 573 M dan termasuk sahabat yang awal memeluk Islam. Abu Bakar juga khalifah pertama sekaligus mertua Rasulullah SAW.

Rasulullah pernah bersabda,”Sesungguhnya aku tidak tahu sampai kapan aku akan hidup bersama kalian,

oleh karena itu teladanilah dua orang sepeninggalku (sambil menunjuk Abu Bakar dan Umar bin Khattab)”. (Hadis Jami’ At-Tirmidzi No. 3596).

ABu Bakar adalah orang pertama yang  mempercayai dan membenarkan Isra’ Mi’raj Nabi. Kemudian Dia di juluki “Ash-Shidiq”.

Abu Bakar wafat umur 63 tahun. Dan Abu Bakar meriwayatkan 142 hadits.

Kedua, Umar Bin Khattab
Sahabat yang satu ini adalah khalifah kedua dan dijuluki Amirul Mukminin dalam dalam sejarah Islam.

Namanya Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu. Dia lahir di makkah tahun 583 M dan wafat pada 25 Dzulhijjah Tahun 23 Hijriyah (644 Masehi).

Umar dijuluki Al-Faruq sebab dia dapat memisahkan antara kebenaran dan kebatilan. Di tangan umar peradaban Islam mulai penyebar luas dan eksis.

Umar juga merupakan sahabat terdepan membela Nabi Muhammad SAW dan ajaran Islam.

Umar juga menentang teman lamanya yang pernah menyiksa para sahabat Nabi sebelum dia memeluk Islam.

Ketiga, Utsman Bin Affan
Usman punya Nama lengkapnya Utsman bin Affan bin Abi Ash bin Umayah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf al Umawy al Qurasy.

Utsman Bin Affan  punya julukan “Dzun Nura’ini” di sebabkan menikahi dua putri Rasulullah yaitu Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

Khalifah terlama  adala usman bin Affan (644-656). Prestasi Utsman yang tidak terlupakan adalah membukukan Al-Qur’an dalam versi bacaan (mushaf). Dia juga membuat beberapa salinannya yang dikirim ke beberapa negeri-negeri Islam.

Keempat, Ali Bin Abi Thalib
Ali Bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu (599-661 M) adalah Khalifah keempat (terakhir) dari Khulafa’ Ar-Rasyidun yang berkuasa sekitar 4-5 tahun.

Ali merupakan famili Nabi Muhammad SAW sendiri. Ia adalah sepupu Nabi yang menjadi menantu dengan menikahi Fatimah Az-Zahra radhiyallahu ‘anha.

Saat Nabi Muhammad SAW menjadi Rasul, Ali baru akan berusia 8 tahun. Ali adalah orang kedua yang memeluk Islam, setelah Sayyidah Khadijah binti Khuwailid, istri Nabi SAW.

loading...
loading...

Tags: #Dijamin Surga #Masuk Surga #Sahabat Surga