10 Cara Menyelesaikan Masalah Rumah Tangga yang Efektif

379 views

Pada dasarnya dalam setiap hubungan pertengkaran menjadi bumbu phit manisnya rumah tangga yang kamu jalani selama ini dengan pasangan.

Sering beradu argumenmerupakan hal yang wajar, karena tiap orang memiliki pandangan dan pemikirannya masing-masing.

Jika pertengkaran dalam rumah tangga terlalu sering, kamu harus tahu beberapa cara menyelesaikan masalah rumah tangga yang efektif.

1. Sadari Apa yang Memunculkan Perasaan Tersebut
Kamu harus tahu apa sebenarnya yang membuat kamu emosi dan merasa kesal, dan jika sudah menemukan penyebabnya, komunikasi dengan pasangan akan menjadi lebih mudah.

2. Beri Tahu Apa yang Kamu Rasakan dengan Jelas
Menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan memang sangatlah perlu, karena kamu bisa dengan mudah dalam menyelesaikan masalah.

Ungkapkan perasaan yang dialami dan penyebab munculnya perasaan tersebut secara jelas tanpa dibumbui dengan sarkasme maupun agresivitas.

Loading...

3. Dengarkan Pasangan
Mendengarkan pasangan tanpa memotong pembicaraan pasangan juga cara dalam menyelesaikan masalah, karena dengan begitu kamu bisa tahu apa yang sebenarnya dirasakan oleh pasangan.

4. Coba Memahami Pasangan
Mencoba untuk memahami apa yang dirasakan pasangan merupakan cara dalam menyelesaikan masalah, bayangkan jika kamu yang ada di posisi itu.

5. Berikan Jeda Waktu dengan Pasangan
Saat kondisi masih dalam keadaan emosi, alangkah baik nya beri jeda waktu untuk pasangan menenangkan diri, dan bisa dikomunikasikan kembali ketika semua emosi reda.

6. Mencari Solusi
Setelah kamu dan pasangan sudah saling mengungkan yang rasanya, kalian bisa mencari solusi dari kesalahpahaman yang terjadi.

7. Hindari Berdebat dengan Pasangan
Cara yang satu ini bisa kamu lakukan dengan menghindari perdebatan tanpa memotong ucapannya, cukup beri tahu dia bahwa kamu paham denganya.

8. Jangan Salahkan Pasangan
Pada saat kamu sedang mengungkapkam rasa kesalmu pada pasangan, jangan sampai kamu menyalahkan pasangan, jadi berhati-hati dalam menyampaikan.

9. Fokus Kesatu Permasalahan
Hal yang sering terjadi ketika dalam keadaan rumah tangga bermasalah kamu masih mengungkit kesalahan lain yang hanyaakan menambah masalah.

Usahakan fokus pada masalah yang sedang si hasapi dan mencari solusiuntuk menyelesaikannya.

10. Jangan Membalas Prilaku Negatif Pasangan
Jika masalah yang terjadi karena perkataan atau perilaku negatif dari pasangan yang dapat memicu emosi negatif, lebih baik kamu tidak perlu mebalasnya dengan hal negatif juga. [sehatq.com]

loading...
loading...

Tags: #Menyelesaikan Masalah #Problem Hubungan #Rumah Tangga