120 Ribu Pasukan Persia Kocar-kacir Digempur Pasukan Sa’ad bin Abi Waqqash

500 views

Namanya adalah Sa’ad bin Abi Waqqash. Dia adalah termasuk sahabat nabi yang jago perang. Sa’ad bin Abi Waqqash, ditunjuk sebagai panglima perang yang memimpin 36 ribu prajurit dalam memerangi negara Persia pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab.

Ketika melepas pasukan Islam untuk berangkat perang Umar bin Khattab berpesan, “Hai Sa’ad, semua manusia sama bagi Allah, bangsawan maupun rakyat jelata. Allah adalah Tuhan mereka dan mereka semua adalah hamba-Nya.

Ketakwaan yang membuat mereka mulia dan ketaatan yang membuat mereka mendapat karunia Allah. Perhatikanlah cara Rasulullah yang engkau telah mengetahuinya, maka tetaplah ikut cara beliau itu,”

Sa’ad bin Abi Waqqas sebagai komando, dengan gigih dan cerdiknya berperang di bawah komandoSa’ad bin Abi Waqqas pasukan Islam berhasil memenangkan peperangan dari pasukan Persia dalam pertempuran di Qadisiah.

Panglima Rustum yang sangat disegani tewas dalam perang itu. Dan 120 ribu pasukannya  kocar-kacir di gempur pasukan Sa’ad. Ata kemenangan itu, pasukan Sa’ad bisa merebut Mada’in, ibu kota Persia.

Dan karena kekalahan itu, tamatlah kekuasaan emperium Persia. Dan rakyatnya bebas dari penindasan dan kezaliman penguasa itu. Nama Sa’ad bin Abi Waqqas dicatat dengan tinta emas sebagai panglima peranga pembebas negeri Persia.

Loading...
loading...
loading...

Tags: #Menang Jaya #Pasukan Islam #Pasukan Persia