3 Bukti Menikah Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

1563 views

Menikah memang bukan perkara yang mudah, mulai dari memutuskan untuk menikah tentu ada banyak halangan akan tetapi kebaikan yang didapat juga berlipat ganda.

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa menikah dengan orang yang dicintai bisa memberikan manfaat bagi kesehatan mental, hal ini di kemukakan oleh berbagai penelitian.

1. Mengurangi Stres dan Mencegah Depresi
Jurnal Health and Human Services menerbitkan hasila penelitian yang mengatakan bahwa menikah bisa menurunkan depresi baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Menjalani hidup bersama orang yang dicintai dan membuat lebih terbuka bisa menghilangkan stres secara alami, sehingga membuat hidup kita lebih bahagia dan santai.

2. Pikiran Lebih Tenang
Menurut jurnal Psychosomatic Medicine, hidup bersama orang yang kita cintai terbukti bisa menurunkan tekanan darah sehingga merasa lebih tenang dan tidak terlalu merasa cemas.

3. Tidur Lebih Nyenyak
Jurnal Social Psychological and Personality Science memuat sebuah penelitian yang melibatkan 700 pasangan dan sudah menikah menemukan fakta bahwa seseorang yang menikah dengan orang yang dicintai bisa mendapatkan kualitas tidur lebih baik.

Loading...

Sementara kehidupan yang baik juga erat kaitannya dengan pola tidur nyenyak orang tersebut.

Hasil penelitian diatas bukan sesuatu yang mengejutkan, karena ketika berada di dalam hubungan pernikahan yang baik, merasa didukung, diterima dan dicintai maka tentu akan merasa nyaan dan aman dengan sendirinya. [fimela.com]

Tags: #Kesehatan Mental #Lebih Bahagia #Menikah