6 Cara Mengatasi Anak Gampang Emosi dan Suka Nangis

2277 views

Apakah anak sering emosi, menangis, ngamuk dan guling-guling di lantai bahkan diluar kendali? Itu namanya tantrum yang biasa dialami anak umur 1-4 tahun.

Memiliki anak yang seperti ini tentu membuat orang tua panik bahkan kesal dengan kondisi anaknya. Bahkan ada orang tua yang juga ikut emosi kepada anaknya, padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan.

Karena jika orang tua ikut emosi, anaknya justru semakin tidak mau berhenti menangis. Bahkan ia akan semakin merasa stres jika melihat orang tuanya emosi.

Sehingga dibutuhkan cara yang tepat untuk menangani anak tantrum, berikut ini tips untuk mengatasinya:

1. Ajak Anak Bicara
Penyebab tantrum itu karena sang anak merasa tidak bisa untuk menyampaikan keinginannya kepada orang tuanya.

Dengan berkomunikasi sama sang anak maka kita sebagai orang tua pasti akan mengetahui apa yang ia inginkan dan yang ingin ia sampaikan.

Loading...

Dengan mengajak ia berkomunikasi sang anak akan merasa lebih lega dan merasa didengarkan. Sehingga orang tua pun lebih meudah mengatasinya jika sudah mengetahui penyebabnya.

2. Alihkan Emosi Anak Dengan Mengajaknya Bermain
Semua anak paling suka dengan kegiatan bermain. Dengan mengajak bermain, fokus anak akan berpindah dari emosi yang sedang ia alami.

Dengan bermain ia juga bisa lupa dengan kemarahannya. Dan orang tua harus bisa menghiburnya dengan mengajak bercanda agar ia kembali tertawa ceria.

3. Kontrol Emosi Anda
Sebagai orang tua tentu harus bisa menjaga emosi agar tidak semakin memperburuk keadaan.

Ketika memiliki anak tantrum maka orang tua harus berusaha tetap tenang. Jangan sampai ikutan emosi dan berbalik marah kepada sang anak.

4. Jangan Memukul Anak
Jangan sampai berteriak, memarahi apalagi memukul sang anak. Karena hal tersebut bisa memancing emosi sang anak semakin tinggi. Lebih baik berikan dia kasih sayang agar emosinya bisa menurun.

5. Berikan Pelukan atau Ciuman
Salah satu yang bisa menenangkan anak adalah dengan memeluknya dan menciumnya karena hal tersebut bisa mengurangi rasa marah sang anak.

Sebagai orang tua harus memastikan dengan benar bahwa sang anak merasa dicintai dengan baik oleh orang tuanya. Sehingga perasaan sang anak menjadi lebih baik.

6. Mandi
Dengan mandi seseorang akan merasa lebih segar dan rileks, ternyata hal ini tidak hanya terjadi pada oran dewasa namun juga akan dirasakan oleh anak.

Kita bisa mengajaknya bermain busa dengan aroma kesukaannya sehingga mandi bisa membuatnya terhibur. [islampos.com]

Tags: #Anak Emosi #Anak Tantrum #Cara Mengatasi