2 Dzikir Ringan Tapi Berat di Timbangan

710 views

Dzikir adalah ikhtiyar spritual seorang hamba pada Allah agar supaya tambah mendekatkan diri kepadaNya.

Ada dzikir yang paling utama bagi seorang Muslim, yaitu laa ilaaha illallah. dan Dzikir ini dapat diulang sebanyak-banyaknya.

Dan dzikir ini sekaligus untuk memperbarui iman orang melaksanakan dzikir dengan istiqomah.

Hal itu juga tercantum dalam hadist shahih,

وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ- صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ-‏:‏ ‏”‏ جَدِّدُوا إِيمَانَكُمْ ‏”‏‏.‏ قِيلَ‏:‏ يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَكَيْفَ نُجَدِّدُ إِيمَانَنَا‏؟‏ قَالَ‏:‏ ‏”‏ أَكْثِرُوا مِنْ قَوْلِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ ‏”‏‏.‏

Dzikir yang paling utama ini juga terdapat dalam Fiqih Do’a dan Dzikir jilid 1 oleh Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr.

Loading...

Pada buku itu, disebutkan hadist shahih Al-Bukhari,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الْإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ، أَوْ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً، فَأَفْضَلُهَا قَوْلُ : لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَأَدْنَاهَا إِمَاطَةُ الْأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ، وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الْإِيمَانِ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Iman itu ada tujuh puluh cabang lebih, atau enam puluh cabang lebih.

Yang paling utama yaitu perkataan laa ilaaha illallah, dan yang paling ringan yaitu menyingkirkan gangguan dari jalan. Dan malu itu termasuk bagian dari iman’.”

Dalam buku itu juga disebutkan terdapat kalimat agung yang sesuai dengan nash-nash perihal keutamaannya, yaitu kalimat hauqalah.

Hauqalah yaitu ucapan laa haula walaa quwwaata illa billah (tidak ada upaya dan kekuatan kecuali dengan Allah).

Perihal Kalimat itu juga diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Al-Hakim dari hadist Abdullah bin Amr bin Al-Ash, dia berkata, Rasulullah bersabda,

“Tidak ada di permukaan bumi seseorang mengucapkan ‘laa illaaha illallah, wallahu akbar, wasubhaanallah, walhamdulillah, walaa haula walaa quwwata illa billah’

(Tidak ada sembahan yang haq kecuali Allah, dan Allah Mahabesar, dan Mahasuci Allah,

dan segala puji bagi Allah, dan tidak ada upaya serta kekuatan kecuali dengan Allah), melainkan dihapuskan darinya dosa-dosanya meski lebih banyak daripada buih lautan.”

Selain dzikir yang di atas ada juga dzikir lainnya yang utama adalah mengucapkan;

لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك

وله الحمد وهو على كل شيء قدير

Laaailaaha illallaah wahdahu laa syariikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syain qodiir.

Tiada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu baginya. Hanya milik-Nya segala kerajaan dan hanya milikinya segala puji, baik yang hidup atau mati, Dialah Dzat yang kuasa atas segala sesuatu.

Di bawah ini adalah dua kalimat yang ringan di lidah tapi berat di timbangan kelak, yaitu sebagai berikut;

“سبحان الله وبحمده، سبحان الله العظيم,”

Tags: #Berat Ditimbangan #Dzikir Pagi #Dzikir Ringan #Dzikir Sore