2 Jenis Esensi Silaturrahmi Dengan Sesama Manusia

365 views

Sangat banyak amalan yang paling disukai Allah. Salah satunya adalah silaturahmi. Sejatinya silaturrahmi adalah tali kasih sayang dengan famili atau dengan umat manusia. Amalah dapat melancarkan rejeki kita selaku umat manusia.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (( أحبُّ الأعمال إلى الله إيمانٌ بالله ثم صِلَةُ الرحم ))

“Ibadah yang paling dicintai Allah subhanahu wa ta’ala (SWT) adalah ibadah kepada Allah SWT dan menyambung silaturrahim.”

Dan Rasulullah SAW bersabda:

Loading...

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (( إنَّ الله خلق الخَلْقَ حتى إذا فرَغَ من خَلْقه قالتِ الرَّحِمُ: هذا مقامُ العائذ بك من القطيعة قال: نعم أمَا تَرْضَيْنَ أن أصلَ من وصلَكِ وأقطعَ من قطعَكِ ! قالَتْ: بلى يا رب قال: فهو لَكِ قال رسولُ الله : فاقرؤوا إن شئتم:  فَهَلْ عَسَيْتُمْ إِنْ تَوَلَّيْتُمْ أَنْ تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ وَتُقَطِّعُوا أَرْحَامَكُمْ . أُولَئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَى أَبْصَارَهُمْ  [محمد: 22 – 23] )) [رواه مسلم]

 

“Sesungguhnya Allah SWT menciptakan makhluk sehingga bila Dia selesai dari menciptakannya, rahim berkata: ‘Ini kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan.

Dia SWT berfirman: ‘Apakah engkau ridha bahwa Aku menyambung orang yang menyambungmu dan Aku memutus orang yang memutusmu? Ia menjawab: Tentu, ya Rabb. Dia berfirman: Maka ia untukmu.

Rasulullah SWT bersabda: ‘Bacalah jika kamu menghendaki: Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan dimuka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan (QS. 47:22)

Mereka itulah orang-orang yang dila’nati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka. (QS Muhammad:22-23) (HR Muslim)

Di  dalam hadis yang lain:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((لعن الله قاطع الرحم))

“Allah SWT mengutuk orang yang memutus hubungan tali silaturrahim.”

Al-Qurthubi, menjelaskan bahwa rahim ada dua macam yaitu umum dan khusus.

1. Silaturrahim Agama (Umum)
Kita wajib Mencintai mereka, membela, menasihati, tidak menyakiti, dan adil pada mereka. Melaksanakan hak-hak mereka seperti menejnguk ketika sakit, membantu dalam kesulitan merekan dll.

2. Silaturrahmi Kekerabatan (Khusus)
Rahim kekerabatan yaitu dari ibu dan bapaknya. Wajib bagi mereka menunaikan hak-hak khusus seperti memberi nafkah, menjaga kesehatan mereka dan melindungi kekerabatan atau famili dari mara bahaya.

Tags: #Dalam Kebaikan #Famili Kekerabatan #Silaturrahmi