2 Penyebab Kebiasaan Tidur Pagi yang Dikecam Nabi SAW

296 views

Tidur pagi setelah subuh adalah merupakan perbuatan buruk. Hendaknya kita hindari perbuatan ini. Perbuatan yang sangat di benci ulama.

Ada beberapa penyebab tidur di waktu pagi antara lain adalah:

Pertama, Tidak Shalat Malam
Tidak melaksanakan shalat malam bisa malas di pagi harinya. Untuk mengatasinya ialah dengan sholat malam. Orang yang solat malam akan terlepaslah ikatan-ikatan setan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, artinya : “Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur.

Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!”. Jika dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan.

Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir.

Loading...

Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari no. 1142 dan Muslim no. 776)

Dari Abu Wa’il, dari Abdullah, beliau berkata, “Ada yang mengatakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa terdapat seseorang yang tidur malam hingga shubuh (maksudnya tidak bangun malam, pen).

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengatakan : “Demikianlah setan telah mengincingi kedua telinganya.”

(HR. An Nasa’i no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1330. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 640 mengatakan bahwa hadits ini shohih).

Kedua, Begadang
Begadang melelahakan dan ngantuk di pagi harinya. Maka hendaknya kita tidur di awal malam.

Diriwayatkan dari Abi Barzah, beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat Isya’ dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari no. 568).

Yang juga menyebabkan orang sering tidur pagi adalah merupakan kebiasaannya. Selepas shalat shubuh masih ke kasur lagi.

Orang yang punya kebiasaan seperti ini telah hilang keberkahan dari dirinya di waktu pagi.

Allah Ta’ala berfirman, artinya :

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ – 29:69

Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh di dalam jalan Kami, maka sungguh akan Kami tunjukkan mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al ‘Ankabut : 69).

Tags: #Benci Tidur #Keecaman Nabi #Tidur Pagi