3 Amal Jariyah

204 views

Ada amalan yang membuat kita mendapatkan pahala meski kita telah tiada. Pahala ini akan tetap mengalir meski orangnya sudah meniggal.

Contoh seperti seorang guru yang ngaji yang dibakar hidup-hidup karena dituduh mencuri. Maka orang tersebut akan mendapatkan kiriman pahal sebab selama hiduonya ia mengajarkan ilmu agama.

Meskipun jasadnya sudah berada didalam tanang namun ia akan mendapatkan pahal dari murid yang ditinggalkannya.

Selain menjadi guru mengaji, ternyata beliau juga berprofesi sebagai tukang service elektronik khusunya sound system, sehingga meskipun beliau sudah tiada namun ia akan tetap mendapatkan pahala.

Karena berkat sound system atau speaker yang diperbaiki bermanfaat bagi kemaslahatan umat.

Beliau meninggal secara khusnul khatimah, yang mana beliau juga sempat melaksanakan shalat wajib di sebuah masjid lalu dituduh mencuri Amplifier.

Loading...

Na’asnya beliau tidak diberi kesempatan untuk menjelaskan, beliau langusng dibakar secara hidup-hidup oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Karena Pelaku pembakran tersebut pun tidak memperlihatkan batang hidupnya.

Dari kisah diatas kita dapat menyimpulan bahwa ada 3 amal yang tidak akan terputus meski yang bersangkutan sudah meninggal:

1. Sedekah Jariah
Sedekah yang kita berikan yang sekiranya memberi manfaat sangat lama serta tak ada putusnya bagi orang lain.

Sekedah ini dalam bentuk apapun, yang jelas sedekah ini adalah memberi manfaat bagi banyak orang sehingga pahalanya akan tetap mengalir kepada yang memberikan sekalipun orang tersebut sudah meninggal dunia.

Akan tetapi sedekah itu harus dilakukan dengan iklash dan tulus tanpa mengahrapkan pujian dari orang lain.

2. Anak yang Shaleh
Amalan yang tidak akan pernah putus adalah anak yang shaleh yang takut kepada Allah. Maka orang tuanya akan mendapatkan pahala meskipun sudah tiada karena berkat didikan orang tuanya.

3. Ilmu yang Bermanfaat
Bagi orang yang mengajarkan ilmunya dan bermanfaat bagi orang lain dengan cacatan ilmu yang diajarkan adalah kebaikan dan digunakan untuk kebaikan maka yang mengajarkan ilmu tersebut akan mendapatkan pahal meskipun dirinya sudah tiada.

Yang mana tiga perkara diatas tersebut diterangkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW.

“Jika seseorang anak adam meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh.” (HR. Muslim). [kompasiana.com]

Tags: #3 Amal yang Tidak Terputus #Amal Jariyah #Amal yang Tidak Akan Terputus