3 Amalan Penghapus Dosa Zina

1432 views

Manusia memang tempatnya salah dan dosa dan sebagai umat muslin tentu kita sudah mengetahui bahwa dosa yang sangat besar setelah syirik atau menyekutukan Allah itu adalah perbuatan zina.

Karena saking besarnya dosa zina sampai-samapi Nabi Muhammad berkali-kali mengingatkan umatnya untuk menjauhi perbuatan laknatullah itu.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

“Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS. al-Israa’[17]: 32)

Allah memang Maha Pengampun, tapi apakah masih ada kesempatan bagi seorang yang terlanjur melakukan perbuatan zina dosanya yang sangat besar tersebut?

Menurut Buya Yahya dalam ceramahnya di akun Youtube al-Bahjah TV, mengatakan bahwa dosa zina bisa diampuni dengan 3 amalan ini:

1. Taubatan Nasuha
Ketika kita berbuat dosa kepada Allah SWT, baik dosa yang kita lakukan kecil atau besar maka kita harus senantiasa bertaubat dan memohon ampun kepada-Nya.

Loading...

Bahkan doa besar pun akan diampuni oleh Allah jika hamba-Nya bersungguh-sungguh untuk bertaubat serta tidak memiliki keinginan yang kuat untuk tidak mengulangi perbuatan dosa tersebut.

أَلَمْ يَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ هُوَ يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ

“Tidakkah mereka mengetahui, bahwa Allah menerima tobat hamba-hamba-Nya …” (QS. at-Taubah[9]:104)

2. Menyesal Sudah Berbuat Dosa
Seseorang yang telah berbuat zina dan ingin menebus dosanya, maka harus bertaubat dan menyesali perbuatannya di masa lalu.

Bagi orang yang ingin bertaubat tentu tidak hanya menyesal melainkan harus berdoa agar dosanya diampuni oleh Allah SWT.

وَمَن يَعْمَلْ سُوءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللَّهَ يَجِدِ اللَّهَ غَفُورًا رَّحِيمًا

“Dan barangsiapa berbuat kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian dia memohon ampunan kepada Allah, niscaya dia akan mendapatkan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. an-Nisa’[4]: 110)

3. Tidak Mengulangi Perbuatan Zina Lagi Setelah Bertaubat
Bersungguh-sungguhlah dalam bertaubat dan brjanjilah untuk tidak mengulangi dosa yang sama karena Allah hanya akan mengampuni seseorang yang benar-benar bertaubat kepada-Nya.

Sebab jika tidak bernar-benar bertaubat dan mengulangi prebuatan zina lagi nantinya, maka ia telah ingkar kepada Allah.

Hanya dengan taubat nasuhalah dosa kita insyaAllah akan diampuni oleh Allah, karena kita berjanji tidak akan mengulangi dan benar-benar menyesal dengan perbuatannya terdahulu. [babe.news]

Tags: #Amalan Penebus Dosa Zina #Dosa Zina Bisa Dihapus Dengan Amalan Ini #Taubat Nasuha