3 Cara Mencintai Tubuh Pemberian Allah Selama Ramadhan

742 views

Segala sesuatu yang ada pada diri kita patut disyukuri dan dijaga dengan sebaik-baiknya, tidak terkecuali tubuh kita. Kita harus selalu mensyukuri anugrah Allah SWT sehingga kita harus selalu menjaga kesehatan kita terutama ketika berpuasa.

Bulan Ramadhan berbeda dari bulan biasanya, kita diharuskan menahan diri dari haus dan lapar sehingga beberapa aktivitas menjadi berbeda.

Akan tetapi kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita bahkan harus tetap mencintai tubuh kita sendiri. Lakukan 5 agar bisa mencintai diri anda sendiri. Coba lakukan 5 hal ini:

1. Memperhatikan Makanan Ketika Sahur
Agar energi kita cukup seharian dan tubuh kita tetap sehat kita harus memperhatikan asupan makanan saat sahur.

Konsumsi makanan yang banyak serat, kaya akan vitamin, air mineral, buah-buahan dan sayur. Dan hindari konsumsi makanan kemasanan, gorengan karena akan rentan haus dan lemas.

Juga perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

Loading...

2. Berbuka Dengan Secukupnya
Ketika waktu berbuka puasa tiba rasanya ingin memakan semua makanan yang ada. Jika terlalu banyak makan justru akan mengalami gangguan pencernaan dan daya tahan tubuh akan menurun.

Lebih baik, jadikan buka puasa sebagai cara untuk mengembalikan cairan tubuh yag hilang dengan cara konsumsi air putih. Sehingga bisa mengembalikan cairan tubuh dengan cepat.

3. Istirahat yanag Cukup
Faktor jam tidur bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Apalagi jika kurang istiarahat pada malam hari kondisi kesehatan bisa terganggu.

Tubuh mudah lemas, sudah konsentrasi bahkan bisa terserang penyakit. Agar tubuh tetap sehat atur jadwal yang teratur, bisa tidur lebih awal atau ketika lelah bekerja istirahat selama 15 menit.

4. Rutin Olahraga
Menjalani ibadah puasa tidak menghalangi kita untuk tetap berolahraga. Karena dengan berolahraga tetap bisa meningkatkan sistem iman sehingga tubuh tetap fit.

Akan tetapi pilihlah olahraga yang tidak menyebabkan dehidrasi. Bisa melakukan olahraga yoga, latihan stretching selama 30 menit sebelum berbuka puasa.

5. Memperhatikan Asupan Cairan Tubuh
Aktivitas apa pun rentan membuat kita kehilangan cairan tubuh saat puasa, cairan yang hilang tidak ada penggantinya sehingga tubuh menjadi lemas.

Konsumsi minuman isonik agar bisa menggantu cairan tubuh. Dan selalu memenuhi kebutuhan air putih setiap hari. [fimela.com]

Tags: #Mencintai Tubuh #Menjaga Kesehatan #Selama Ramadhan