3 Doa yang Tidak Akan Dikabulkan Allah

294 views

Manusia itu lemah sehingga kita semua diperintahkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT. Sebab doa adalah cara manusia menghamba kepada Tuhannya.

Meski terkadang doa yang selalu kita panjatkan belum juga dikabulkan, akan tetapi kita sebagai manusia jangan sampai lelah berdoa apalagi berputus asa.

Karena semua doa itu pasti terkabul jika saatnya sudah tiba, tidak ada doa yang tidak dikabulkan yang ada hanya ditunda sebab Allah mempersiapkan yang jauh lebih baik untuk kita.

Akan tetapi kita harus tahu bahwa ada beberapa jenis doa yang tidak Allah terima, di dalam hadist disebutkan bahwa Allah tidak akan mengabulkan tiga macam doa berikut ini:

  1. Berdoa dengan dosa
  2. Berdoa minta putus tali persaudaraan
  3. Berdoa tergesa-gesa

Dalam hadits bawah ini sudah dipertegas tentang tertolaknya doa-doa tersebut,

ﻳُﺴﺘﺠﺎﺏُ ﻷﺣﺪِﻛُﻢ ﻣَﺎ ﻟَﻢ ﻳَﺪْﻉُ ﺑِﺈﺛﻢٍ ﺃَﻭ ﻗَﻄﻴﻌﺔُ ﺭَﺣﻢٍ، ﺃَﻭ ﻳَﺴﺘﻌﺠِﻞْ ﻓﻴﻘﻮﻝُ: ﺩَﻋﻮﺕُ ﻓَﻼ ﺃَﺭﻯ ﻳُﺴﺘَﺠﻴﺐُ ﻟِﻲ، ﻓَﻴﺪﻉُ اﻟﺪُّﻋَﺎء

Artinya:
“Doa kalian akan dikabulkan selama tidak berdoa dengan dosa, memutus kekerabatan, dan tergesa-gesa. Dia akan berkata, ‘Aku sudah berdoa tapi tidak dikabulkan’, akhirnya dia meninggalkan doa’.” (HR: Bukhari dalam Adab Mufrad). [bincangsyariah.com]

Loading...

Tags: #Doa Ditolak #Doa Manusia #Tidak Dikabulkan