3 Golongan Manusia yang Tenang, Tidak Takut di Hari Kiamat

856 views

Kiamat adalah hari yang sangat mengerikan. Dan tak terbayangkan seperti apa kacau-balaunya peristiwa kiamat ini. Dimana orang-orang akan lari dari orngtuanya, lari dari anak dan istrinya serta lari dari keluarganya.

Kiamat merupakan perkara ghaib yang wajib diimani setiap mukmin. Allah Ta’ala memberitahukan tanda-tandanya kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alihi wa sallam.

Pada hari kiamat segala amal perbuatan akan dihisab. Semua akan dibeberkan dihadapan semua manusia. Tidak ada satupun yang terlepas dari itu kecuali mereka-mereka yang dirahmati Allah.

Dalam sebuah hadis disebutkan, ada tiga kelompok manusia yang tidak akan ketakutan pada hari Kiamat.

Rasulullah SAW bersabda:

Loading...

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِى الله عَنْهًما قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاَثَةٌ لَا يَهُوْلُهُمُ الْفَزَعُ الأكْبَرُ وَلَا يَنَالهُمُ الحِسَابُ هُمْ عَلى كَثِيبٍ مِنْ مِسكٍ حَتَّى يُفْرَغَ مِنْ حِسَابِ الخَلائِقِ رَجُلٌ قَرأَ القُرآنَ ابْتِغَآْءَ وَجْهِ اللهِ وَاَمَّ قَوْماً وَهُمْ بِهِ رَاضُوْنَ وَدَاعٍ يَدْعُوْنَ إلى الصَّلواتِ ابْتِغآء وجْهِ اللهِ وَرَجُلٌ اَحْسَنَ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ مَوَالِيهِ. (رواه الطبراني في معاجم الثلاثة).

Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah bersabda: “Tiga orang yang tidak akan mengalami ketakutan pada hari yang sangat menakutkan dan mereka tidak akan dihisab, mereka berada di atas tumpukan kasturi hingga selesai hisab terhadap semua manusia:
(1) Seseorang yang membaca Al-Qur’an semata-mata mengharap ridha Allah, dan ia mengimami suatu kaum sedang mereka menyukainya; (2) Da’i yang mengajak salat semata-mata mengharap ridha Allah Ta’ala; (3) Orang yang menjaga hubungan baik antara ia dengan tuannya dan antara ia dengan bawahannya.”
(HR. Thabrani, Al-Mu’jamuts Tsalatsah).

Seandainya ada sesuatu yang bisa membuat tenang di hari kiamat maka itu lebih berharga dari kenikmatan dan kesenangan apapun di dunia.

Dari Ibnu Abbas RA, ketika Malaikat Jibril mengabarkan kepada Nabi bahwa akan terjadi banyak fitnah. Beliau bertanya, ‘Apakah jalan keluar darinya wahai Jibril?’ Jawab Jibril: “Kitabullah.” (Razin-Ar Rahmatul Muhdah).

Al-Qur’an adalah sumber keselamatan dan syafaat (pembelaan) bagi para pembacanya di Hari Kiamat. Mengamalkan apa yang ada dalam kandungan Al-Qur’an akan menjauhkan dari segala fitnah.

Jadilah orang yang ada dalam hadits di atas. Walaupun tidak semua tiga perkara itu yang menjadi profesi kita setidaknya salah dari perkara itu mungkin dapat menyelamatkan kita di hari kiamat.

Tags: #Jiwa Damai #Santai di Hari kiamat #Tenang Hati