3 Olahraga yang Digemari Rosulullah SAW dan Dianjurkan Pada Umatnya

269 views

Berolahraga sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain menjaga pola makan dan minum, Termasuk wujud hidup sehat adalah dengan rutin beraktivitas fisik.

Rasullullah SAW mengajarkan umatnya agar hidup sehat. Nabi Muhammad SAW pun gemar berolahraga. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda)” (HR Muslim). Memanah dan berkuda adalah dua jenis olahraga yang dianjurkan Nabi SAW kepada umatnya.

Sebenarnya Memanah sudah dikenal sejak berabad-abad sebelum Nabi SAW lahir. Kira-kira, olahraga ini ada sejak puluhan ribu tahun sebelum Masehi. Pada zaman kuno, memanah adalah salah satu metode untuk berburu.

Rasulullah SAW sendiri adalah sosok pemanah yang ulung dan handal. Beliau memiliki 3 busur. Dan di antara para sahabat beliau yang ahli dalam memanah adalah Sa’ad bin Abi Waqash.

Seperti memanah, olahraga berkuda pun sudah dikenal manusia sejak zaman purba. Kuda-kuda yang awalnya liar kemudian dijinakkan sehingga tenaganya dimanfaatkan demi kepentingan sehari-hari manusia.

Rasul SAW menyerukan pada generasi muda Muslimin untuk mahir berkuda. Bahkan, kemahiran itu dianggap sebagai kemampuan mendasar yang wajib dimiliki oleh tiap pria. Apalagi, mahir berkuda sangat diperlukan dalam berbagai keperluan, berburu, adu ketangkasan, bahkkan hingga berjihad.

Loading...

Kemudian Olahraga lainnya adalah gulat. Olahraga yang satu Ini adalah bentuk bela diri yang dikenal sejak zaman kuno peradaban manusia. Dan gulat yang semula dipraktikkan dengan sederhana, akhirnya dijadikan lebih terarah dan sistematis ada aturan-aturan tertentu.

Untuk masyarakat Arab masa itu, gulat merupakan salah satu latihan yang rutin dilaksanakan. Gulat pun termasuk syarat kecakapan yang lazim dimiliki suatu pasukan. Kompetisi gulat juga kerap diselenggarakan dengan beragam seremonial.

DI masa Rasulullah, tersebutlah seorang pegulat tangguh, yakni Rukanah bin Yazid. Ia menantang seluruh lelaki di kota untuk bergulat. Tantangan itu pun disambut dengan sikap terbuka dan keberanian oleh Rasulullah SAW. Akhirnya, Rukanah bertekuk lutut dan kalah dibawah Nabi. Setelah itu, Rukanah masuk Islam dan menjadi pengikut setia Nabi Muhammad SAW.

Tags: #Olahraga Nabi #Olahraga Umat #Panah Nabi