3 Perkara Ini Akan Menaungi Manusia di ‘Arasy Pada Hari Kiamat.

848 views

Di Hari kiamat semua kebingungan. Gunung hancur bumi muntah dan langit runtuh. Hari kiamat adalah hari yang tersulit kecuali bagai yang mendapat rahmat Allah.

Disebutkan Dalam satu hadis disebutkan ada 3 hal yang akan berada dalam naungan ‘Arasy Allah pada hari Kiamat.

 

عَن عَبِد الَرحمنِ رَضَيِ اللٌهُ عَنهُ عَنِ الٌنِبيِ صَلَي اللٌهُ عَلَيهَ وَسَلَمَ ثَلآثُ تَحتَ العَرشِ يَومَ القَياَمةَ القُرانُ يُحَاجُّ العِبَادَ لَه ظَهرٌ وَبَطُنٌ وَالأمَاَنُةٌ وَالرَّحِمُ تُنَادِيُ ألآ مَنُ وَصَلَنيِ وَصَلَهُ اللٌهُ وَمَن قَطَعنيِ قَطَعَهً اللٌهُ. (روى في شرح السنة)

Dari Abdur Rahman bin Auf RA dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam. “Ada tiga hal yang akan berada di bawah naungan ‘Arasy Ilahi pada hari kiamat: (1) Al-Qur’an yang akan membela hamba Allah dan ia mempunyai zhahir dan batin: (2) Amanat dan (3) Silaturahmi yang akan berseru, ‘ingatlah! siapa yang menghubungkan aku, maka Allah menghubunginya, dan siapa yang memutuskan aku, maka Allah memutuskannya.” (Kitab Syarhus Sunnah).

Loading...

Dalam Kitab Fadhail Qur’an Syeikh Maulana Zakariyya Al-Kandahlawy menjelaskan, yang dimaksud ‘tiga hal ada di bawah Arasy’ ialah berdekat dengan Allah dalam 3 hal tadi dengan sempurna.
‘Membela hamba Allah’ maksudnya adalah orang yang memuliakan Al-Qur’an, mengikuti tuntunannya dan mengamalkan isinya. Dengan demikian Maka Al-Qur’an pasti akan membelanya di hadapan Allah.

Mulla Ali Qari RA meriwayatkan dari Tirmidzi bahwa ahli Al-Qur’an kelak akan datang pada hari Kiamat. Lalu Al-Qur’an memohon kepada Allah, “Ya Allah, berilah ia pakaian!” maka dipakaikan mahkota kemuliaan kepada orang itu.

Kemudian Al- Qur’an memohon lagi, “Ya Allah tambahkanlah untuknya!” maka dipakaikan kepadanya pakaian kemuliaan. Al-Qur’an pun memperoleh ridha dari orang yang kita cintai di dunia ini, rasanya tidak ada kenikmatan yang lebih besar dari pada itu.

Dalam Syarah Ihya disebutkan bahwa hak Al-Qur’an adalah harus dikhatamkan dua kali selama setahun.

Yang diMaksud Al-Qur’an memiliki zhahir dan batin adalah; Zhahir Al-Qur’an yaitu makna Al-Qur’an yang bisa dipahami.

Dan batin Al-Qur’an adalah makna Al-Qur’an yang tidak dapat dipahami oleh semua orang.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa mengemukakan pendapatnya sendiri tentang isi Al-Qur’an, maka ia telah melakukan kesalahan walaupun pendapatnya itu benar.”

Maka bacalah Al-Qur’an dengan tekun dan amlakan isinya serta renungi semua yang ada di dalamnya. InsyaAllah kita akan mendapatkan Syafaatnya di hari kiamat.

loading...
loading...

Tags: #Arsy Allah #Hati Kiamat #Padang Mahsyar