3 Perkara yang Dapat Menghilangkan Pahala Puasa

799 views

Puasa adalah menahan diri dari segala bentuk apapun dari hal-hal yang membatalkan puasa, sejak terbit fajak sampai terbenar matahari. Dengan demikian puasanya di anggap sah menurut syariat. 

Namun pada esensinya banyak yang tak bisa mengendalikan hawa nafsu dan segala bentuk penyakit hati yang lain. Sehingga pahala puasa lenyap gara-gara hal tersebut.

Dalam hadis sahih, Rasulullah SAW menyatakan, banyak orang yang berpuasa, tetapi tidak menghasilkan apa pun dari puasanya, selain lapar dan haus. (HR Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim).

Sejatinya, puasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga namun lebih dari itu, menahan dari ucapan kotor, jorok, sumpah serapah bahkan menahan diri dari hal-hal yang tak berguna. 

Hal itulah salah satu pesan Nabi SAW pada kita agar ibadah puasa yang dijalani dapat di terima oleh Allah. 

Ada tiga hal yang harus di hindari orang yang sedang puasa karena itu dapat menghilangkan nilai dan pahala puasa.

Loading...

Pertama, Ghibah
Menceritakan keburukan orang lain agar banyak orang yang mengetahuinya. Menggunjik dari tetangga ke tetangga yang lain. Bercerita dari mulut ke mulut padahal ia hanya hany memiliki secuil keburukan di bandingkan dirinya.  Maka hal demikian akan menghilangkan nilai bahkan pahala puasa yang dijalani selama sehari penuh. 

Kedua, Berpikir Buruk dan Jahat
Hal kedua yang dapat menghilangkan pahala puasa adalah mempunyai pikiran buruk dan jahat, serta berupaya melakukan misinya itu. Contoh, akan menanfaatkan jabatan, ingin kaya raya karena jabatannya, akan korupsi, akan melakukan suap-menyuap, main kongkalikong, mempersulit orang lain dll. Kalau misi itu terlaksana maka hal inilah dapat mereduksi pahala-pahala puasa bahkan semua amples semua nilai ibadah puasa yang dikerjakannya.

Ketiga, Acuk Tak Acuh pada Orang Lain
Orang yang satu ini mempunyai sifat cuek pada sesama. Sama sekali tidak mempunyai rasa empati dan simpati pada orang yang sedang menderita, miskin, kelaparan, dan sama sekali tak punya apa-apa. Orang yang seperti ini rajin berpuasa, tetapi tetap kikir dan bakhil, dan pada akhirnya nilai puasanya akan dihilangkan oleh Allah SWT.

Ayolah berpuasa dengan baik dsan benar, benar secara lahiriyah dengan tidsak makan dan minum dan secara hati, sucikan pikiran dari hal-hal yang buruk dan yang merusak pahala puasa. Luruskanlah niat jernihkan pikiran. Bantulah orang lain sedang membutuhkan bantuan. insyaAllah dengan begitu puasa kita akan diterima dan mendapat pahala dari Allah SWT.

Tags: #Nilai Puasa #Pahala Puasa #Perkara Buruk