3 Perkara yang Dapat Meninggikan Derajat dan Menghapus Dosa

133 views

Ketika di akhirat kelas siapa yang tak ingin terbebas dari siksa api neraka? Semua manusia pasti ingin masuk surag.

Syekh Nawawi al-Bantani mengungkapkan hadits yang menjelaskan tiga hal yang bisa menyelamatkan manusia dari siksa di akhirat.

Dalam kitabnya yang berjudul “Nashaihul ‘Ibad”, syekh menjelaskan, Abu Hurairah  berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ عبد الله بْنِ عُمَرَ رضي الله -عنهما- قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: “ثَلَاثٌ مُهْلِكَاتٌ، وَثَلَاثٌ مُنَجِّيَاتٍ، وَثَلَاثٌ كَفَّارَاتٌ، وَثَلَاثٌ دَرَجَاتٌ، فَأَمَّا الْمُهْلِكَاتُ: فَشُحٌّ مُطَاعٌ، وَهَوًى مُتَّبَعٌ، وَإِعْجَابُ الْمَرْءِ بِنَفْسِهِ، وَأَمَّا الْمُنَجِّيَاتُ: فَالْعَدْلُ فِي الرِّضَى وَالْغَضَبِ، وَالْقَصْدُ فِي الْفَقْرِ وَالْغِنَى، وَخَشْيَةُ اللَّهِ فِي السِّرِّ وَالْعَلَانِيَةِ، وَأَمَّا الْكَفَّارَاتُ: فَانْتِظَارُ الصَلَاةِ بَعْدَ الصَلَاةِ، وَإِسْبَاغُ الْوُضُوءِ فِي السَّبَرَاتِ، وَنَقْلُ الْأَقْدَامِ إِلَى الْجَمَاعَاتِ، وَأَمَّا الدَّرَجَاتُ: فَإِطْعَامُ الطَّعَامِ، وَإِفْشَاءُ السَّلامِ، وَالصَلَاةُ بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ”

“Ada tiga perkata yang menyelamatkan (penyelamat manusia dari siksa Allah), ada tiga perkara yang dapat membinasakan (mengantarkan manusia pada kebinasaan),

ada tiga perkara yang dapat meninggikan derajat (derajat manusia di akhirat), dan ada tiga perkara yang dapat menghapus dosa.”

Loading...

Tiga perkara penyelamat dari siksa Allah  adalah sebagai berikut:

Pertama, Takut kepada Allah
Takut kepada Allah, saat ada di tempat sepi atau berada di tempat ramai.

Menurut Syekh Nawawi, takwa kepada Allah di tempat sepi adalah paling tingginya derajat.

Kedua, Hidup Sederhana
Pola hidup hemat dan sederhana, menurut Syekh Nawawi, sederhana dalam hidup dengan tidak berfoya-foya dan ridho dengan hal itu.

Ketiga, Adil
Berlaku adil, ketika rela atau marah. yang dimaksud marah dan rela, menurut Syekh Nawawi, marah dengan perkar yang dimurkai Allah dan bersikap rela dengan apa yang diridhoi Allah.

Dan tiga hal yang dapat membinasakan adalah sangat kikir, menuruti hawa nafsunya, dan membanggakan diri sendiri.

Lantas ada tiga hal yang dapat meninggikan derajat manusia di akhirat, yaitu membudayakan salam, suka memberikan makanan kepada tamu dan orang lapar, dan sholat malam.

Dan ada tiga hal juga yang dapat menghapus dosa, pertama, menyempurnakan wudhu di pagi hari yang dingin.

Kedua, jalan kaki untuk melaksanakan sholat berjamaah. Ketiga, menunggu waktu sholat yang kedua setelah melaksanakan sholat pertama, sehingga ada hubungan emosial dengan masjid.

Tags: #Ampunan Dosa #Siksa Allah #Tinggi Derajat