3 Tahapan Cara Memahami dan Menafsiri Al-Qur’an

99 views

Mengkaji ayat suci Al-quran, kita bukan  hanya dengan membacanya, namun juga harus memahami dan bahkan harus mengetahui dengan tafsirnya.

Al-qur’an seperti lautan yang tak bertepi. Maka utnuk memehaminya kita perlu adanya tahapan demi tahapan yang harus kita lewati.

Seorang Dosen Senior Ma’had Aly Situbondo, Ustadz Imam Nakha’I, mengatakan bahwa ada beberapa tahap yang harus dilewati  agar kita tahu dan dapat memahami penafsiran atas teks suci al-qur’an, sebagai berikut;

Pertama, Mengetahui Situasi
Mkasudnya adalah pastikan situasi seperti apa yang hendak direspons Alquran. Untuk Mengetahui situasi ini bisa dengan cara ilmu asbab al-nuzul, baik sabab khusus (spesifik) maupun konteks sosial, budaya, politik, ketika ayat itu diturunkan.

Kedua, Mengetahui Situasi Ideal
Artinya mengetahui situasi seperti apa yang diidealkan yang hendak diubah oleh Alquran.

Untuk mengetahui situasi yang diidealkan alquran bisa dengan cara mengenali tujuan utama (maqahashid), mana tujuan perantaranya (wasa’il al-wasa’il) dan media atau strategi menuju tujuan utama itu (al-wasa’il).

Loading...

Ketiga, Mengetahui Stuktur Bahasa
Dalam memahami Al-qur’an kita harus tahu struktur bahasa yang digunakan Alquran. Karena, bahasa Alquran adalah media untuk mengetahui makna, keinginan, atau maksud Allah yang ada dalam dzat-Nya.

Maka dengan tiga hal ini paling tidak sebuah penafsiran akan lebih mendekati kebenaran yang dikehendaki Allah.

Tags: #Ayat Suci #Firman Allah #Pemahaman Al-qur'an