4 Cara Jitu Meningkatkan IQ (Intelligence Quotient) Anak

643 views

Pada umumnya IQ (Intelligence quotient) dijadikan ukuran potensi intelektualitas anak, baik dari segi berpikir, belajar dan mencari solusi masalah.

Penanganan dan pola asuh yang baik bagi anak adalah termasuk salah satu faktor yang dapat meningkatkan IQ anak. Tak hanya itu saja, Pola asuh juga penting dalam membangun ikatan emosional anak dan orangtua.

Dengan demikian orangtua harus memberikan kasih sayang dan perhatian yang penuh pada anak, agar ia merasa aman dan nyaman. Setidaknya inilah 4 tips cara meningkatkan IQ anak, sebagai berikut:

1. Berinteraksi
Kunci utama meningkatkan IQ anak ialah dengan membina ikatan baik dengan anak. Bicara dengan anak, memberi support dan biarkan anak mengekspresikan kejujurannya dangan terbuka.

2. Bercerita dengan Anak
Dengan membacakan berita, dongeng dan mengajari anak tentang nama juga benda itu dapat merangsang anak lebih aktif, menggali kreativitas dan imajinasinya. Hal itu juga dapat memperkaya kosakata anak.

3. Perhatian Proses Kegigihan Anak
Jangan hanya melihat hasil yang diperoleh anak, tapi perhatikanlah proses, usaha dan cara anak dalam belajar. Seba Orang tua yang memuji kegigihan anak dalam proses menyelesaikan suatu masalah, cenderung memiliki motivasi lebih baik.

Loading...

4. Pemeluk Anak
Memeluk anak merupakan salah satu ekspresi kasih sayang orang tua. Kata ahli menggendong atau memeluk anak adalah salah satu cara untuk menstimulus dan merangsang kemampuan fisik, emosional dan intelektual anak.

Tags: #IQ Anak #Kasih Sayang Orangtua #Kemampuan Anak