4 Cara Mengatasi Anak yang Over Aktif

179 views

Dalam kitab Fannu Tarbiyati al-Aulad fi al-Islam Muhammad Said Mursi menjelaskan cara mendidik anak yang tak bisa diam atau over aktif dapat diterapkan oleh para orang tua. Di antaranya adalah:

Pertama, Ajak Anak Beraktifitas Bareng

Libatkanlah anak dalam pekerjaan-pekerjaan yang di kerjakan orangtua. Arahkan dengan aktifitas yang disenangi namun bernilai edukatif.

Karena anak yang tak suka inginnya selalu bermain-main alias over di takutkan ia akan melakukan hal-hal yang kurang baik sehingga kelak ketika dewasa cenderu akan jadi anak yang kurang baik bahkan kurang ajar.

Banyak contoh aktifitas yang bisa di ajrkan pada anak. Contoh ajak dia olahraga, ajak membantu mencucikan mobil, atau ajak membuat kue bahkan bisa di ajak mebersihkan rumah dan merapikan kamar tidurnya dll.

Kedua, Ajari Melakukan yang Bermanfaat

Loading...

Tunjukkanlah pada anak agar terbiasa melakukan hal yang bermanfaat. Selain untuk mempersempit geraknya hitung-hitung juga untuk mengasah kemampuan dan keterampilannya serta bakat si anak. Seperti bergabung dengan bakti sosial, komunitas belajar ngaji, serta mengikutsertakan pada klub seni solawat dsan lain sebagainya.

Ketiga, Silaturrahmi

Mengajak anak mengunjungi sanak saudara, keluarga dekat, kerabat dan teman-teman sama-sama mempunyai anak yang seumuran juga membantu anak agar tak selalu over aktif dalam hal yang kurang berguna.

Tunjukkan pada mereka agar bermain pada hal yang berguna dan bermanfaat. tapi jangan lupa harus dengan mengawasan orangtua karena takut malah mereka bertengkar tak di ketehui orangtunya.

Keempat, Ajak Rekreasi

Bawalah anak dan keluarga jalan-jalan dan bertamasya untuk lebih mengeratkan hubungan kekeluargaan serta menghilangkan sumpek dan penat karena telah bekerja sepekan. Lakukanlah minimal satu kali sebulan. Yang paling penting adalah habiskan waktu kita dengan bersenang-senang bersama keluarga.

Tags: #Anak Aktif #Mendidik Anak #Pengawasan Orangtua