4 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Pada Pasangan

425 views

Didalam rumah tangga hal utama yang harus selalu kita jaga adalah kepercayaan, sebab jika kepercayaan sudah dikhianati maka sulit untuk percaya lagi.

Namun semua hal bisa berubah dan terjadi begitu saja sehingga bisa jadi kepercayaan yang selama ini dibina berubah, sebab sifat seseorang pun bisa berubah.

Terutama jika sudah menikah maka pondasi sebuah hubungan adalah kepercayaan. Dengan saling percaya maka hati akan tentram, dan kita harus berusaha selalu percaya kepada pasangan kita.

Berikut ini beberapa tips untuk menumbuhkan rasa percaya kepada pasangan kita:

1. Jangan Gampang Berburuk Sang Pada Pasangan
Kita harus senantiasa memiliki pemikiran yang positif, selalu berprasangka baik, bahkan ketika ada hal yang terlihat buruk pun kita harus berusaha berprasangka baik dan berusaha mencari alasan baik terlebih dahulu.

Kita harus menemukan alasan baik sebanyak 70% dan jika tidak menemukan, maka kita boleh berprasangka buruk.

Loading...

Dengan kita berprasangka baik kepada pasangan kita, maka rumah tangga yang dijakan akan menjadi tentram, damai sebab Allah mengikuti prasangka hamba-Nya.

Jika kita sendiri memiliki prasanga yang buruk, menuduh pasangan kita, tidak percaya kepada pasangan kita maka bisa jadi Allah akan mengabulkan prasangka kita.

2. Jika Ada yang Mengganjal di Hati Segera Komunikasikan Sama Pasangan
Apapun yang kita rasakan kita harus jujur dan terbuka kepada pasangan kita. Misal kita merasa tidak nyaman, maka kita harus mengkomunikasikan kepada suami kita sehingga suami bisa memperbaikinya.

Terutama jika sang suami sudah pernah mengkhianati sebelumnya, maka kita harus meminta suami kita membuktikan bahwa ia sudah berubah.

Karena ketika kita hanya memendam perasaan yang tidak nyaman kepada pasangan maka sampai kapan pun masalah kita tidak akan pernah kelar.

Semakin kita sering berkomunikasi dan semakin lancar dengan pasangan maka pada akhirnya kepercayaan kita akan semakin tumbuh kepadanya.

3. Jangan Mengungkit-ungkit Kesalahan Masa Lalu
Memaafkan kesalahan pasangan memang tidak mudah namun kita harus berusaha memaafkan agar tidak dibayangi oleh kesalahan atau pengkhianatan yang sudah ia lakukan.

Kita harus memaafkan pasangan kita sehingga kita bisa membangun kepercayaan lagi.

Dengan meaafkan maka hati kita akan lunak, sebab semakin kita benci maka hati kita akan semakin resah dan apalah arti hidup kita kita dipenuhi dengan rasa benci terutama kepada pasangan sendiri.

Dengan memaafkan pasangan kita maka kita sudah memberi kesempatan kepada pasangan kita agar bissa dipercaya lagi.

4. Berdoa Kepada Allah Agar Pasangan Kita Dikaruniai Sifat Jujur
Doa adalah senjata orang muslim dan merupakan senjata bagi semua permasalahan kita. Apakah kita sudah benar-benar meminta kepada Allah agar pasangan kita jujur dan tidak mengkhianati kita?

Maka mulailah dari sekrang kita harus percayakan semuanya kepada Allah, jangan pernah bosan berdoa kepada Allah sebab hanya Allah yang bisa kita percaya dan tidak akan pernah mengecewakan kita.

Semoga kita senantiasa memiliki keluarga yang tentram dan nyaman serta pasangan yang jujur, setia, amanah juga mampu menjaga dirinya. [ummi-online.com]

Tags: #Menumbuhkan Kepercayaan #Percaya Pada Pasangan