4 Kesalahan Besar Jamaah Berziarah ke Masjid Nabawi

264 views

Banyak jamaah umroh dan haji datang berziarah ke masjid nabawi. Yang paling di tuju adalah ziarah ke makam Nabi paling mulia, Muhammad  SAW.

Namun banyak yang dilakukan ketika berziarah merupakan hal yang salah.

Ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan para jamaah penziarah di masjid Nabawi:

Pertama, Mengusap Besi
Banyak jamaah yang mengusap-usap dinding dan tiang-tiang besi. Bahkan ada yang mengikatkan benang-benang di jendela-jendela agar mendapatkan berkah.

Padahal keberkahan adalah milik Allah dan pintalah kepada Allah yang maha milik segalanya.

Kedua, Mengikatkan Kain di Gua
Ketika ke mekkah pergi ke gua-gua di Gunung Uhud, dan Gua Tsur di Mekkah, dengan mengikatkan potongan kain di tempat itu.

Loading...

Semua itu adalah bid’ah, tak ada dasarnya sama sekali dalam syariat Islam yang suci ini.

Ketiga, Mengambil Pasir
Berzirah pada tempat sebagai bekas peninggalan Rasulullah SAW. Seperti tempat mendekamnya unta Nabi, sumur khatam,  sumur Utsman serta mengambil pasir dari tempat itu dengan mengharapkan dapat berkah.

Keempat, Mohon Pada Orang Mati
Saat berziarah ke pemakaman Baqi dan Syuhada Uhud, mohon pada orang mati. Dan melemparkan uang ke pemakaman dengan tujuan mengharapkan berkah.

Hal ini termasuk perbuatan syirik terbesar menurut pendapat para ulama, berdasarkan kitabullah dan Sunnah Rasulullah SAW.

Sebab sejatinya ibadah semata-mata karena Allah bukan karena sesuatu apapaun. Seperti menyembelih kurban, bernazar dan ibadah lainnya, semua semata-mata karena Allah.

Allah berfirman;

 

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

“Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar).“ (QS Al Bayyinah: 5)

Dalam ayat lain Allah SWT berfirman:

 

وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا

Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah milik Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di samping menyembah Allah“ (QS Al Jin: 18)

loading...
loading...

Tags: #Jamaah haji #Masjid Nabawi #Masjid Nabi