4 Macam Penulisan Takdir Bagi Seluruh Makhluk

163 views

Takdir manusia telah ditulis oleh Allah dan itu bukanlah pemaksaan karena Allah lebih tahu urusan hamba-Nya yang terbaik untuknya.

Sebagaimana diterangkan dalam ringkasan Hadis Arba’in An-Nawawi yang disyarah oleh Syekh Sholeh Alu Sayikh dan disusun Ustaz Abu Isa Abdulloh bin Salam ada 4 macam penulisan takdir.

Dari Abu Abdirrohman, Abdulloh bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda kepada kami dan beliau adalah orang yang selalu benar dan dibenarkan:

“Sesungguhnya setiap orang diantara kamu dikumpulkan kejadiannya di dalam rahim ibunya selama empat puluh hari dalam bentuk nuthfah (air mani),

kemudian menjadi alaqoh (segumpal darah) selama waktu itu juga (empat puluh hari), kemudian menjadi mudhghoh (segumpal daging) selama waktu itu juga,

lalu diutuslah seorang malaikat kepadanya, lalu Malaikat itu meniupkan ruh padanya dan ia diperintahkan menulis empat kalimat:

Loading...

Menulis rezekinya, ajalnya, amalnya, dan nasib celakanya atau keberuntungannya. Maka demi Allah yang tiada Tuhan selain-Nya,

sesungguhnya ada di antara kamu yang melakukan amalan penduduk surga dan amalan itu mendekatkannya ke surga sehingga jarak antara dia dan surga kurang satu hasta,

namun karena takdir yang telah ditetapkan atas dirinya, lalu dia melakukan amalan penduduk neraka sehingga dia masuk ke dalamnya.

Dan sesungguhnya ada seseorang diantara kamu yang melakukan amalan penduduk neraka dan amal itu mendekatkannya ke neraka sehingga jarak antara dia dan neraka hanya kurang satu hasta,

namun karena taqdir yang telah ditetapka atas dirinya, lalu dia melakukan amalan penduduk surga sehingga dia masuk ke dalamnya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam Hadis di atas menyebutkan bahwa takdir janin meliputi 4 hal: Rezekinya, ajalnya, amalnya, dan bahagia atau celakanya.

Janin dsalam rahim melalui 3 fase, yaitu: air mani, segumpal darah, kemudian segumpal daging.

Masing-masing lamanya 40 hari. Dan sebelum menjadi manusia sempurna juga mengalami 3 fase, yaitu:

1. Taswir, digambar bentuk garis-garis, waktunya setelah 42 hari.

2. Al-Khalq, yaitu dibuat bagian-bagian tubuhnya.

3. Al-BarĂº, yaitu penyempurnaan.
Allah berfirman dalam Surat Al-Hasyr: 24, mengisyaratkan ketiga proses tersebut.

Kemudian ada 4 Mmcam Penulisan Takdir Allah Ta’ala menuliskan pada 4 bentuk, yaitu:

1. Takdir Saabiq
Yaitu penulisan takdir di Lauh mahfudz sejak 50 ribu tahun sebelum penciptaan bumi dan langit bagi seluruh makhluk.

2. Takdir Umri
Yaitu penulisan takdir bagi janin pada berusia 4 bulan.

3. Taqdir Sanawi
Yaitu penulisan takdir setiap tahunnya pada malam Lailatul Qodr bagi seluruh makhluk.

4. Takdir Yaumi
Yaitu penulisan takdir pada setiap kejadian setiap harinya.

Empat macam penulisan takdir di atas mungkin saja berubah kecuali pada Takdir Sabiq. (Lihat firman Allah dalam Surat Ar-Ra’d Ayat 39).

Tags: #Penulisan Takdir #Takdir Allah #Takdir baik