4 Macam Penyakit Yang Dikhawatirkan Menimpa Umat Muhammad SAW

3394 views

Nabi SAW sangat peduli dan cinta pada umatnya. Bentuk kecintaan itu sudah banyak tampak dalam sejarah-sejarah dan hadits.
Dan Salah satu wujud kesayangan dan kecintaan Rasulullah kepada umatnya adalah pesan beliau dalam sabdanya:

أخشى ما خشيتُ على أمتى: كَبِرُ البطنِ, ومُداوَمَةُ النوم والكسَلُ وضَعْفُ اليقيــنِ

”Hal-hal yang paling aku khawatirkan melanda umatku ialah besar perut, banyak tidur, pemalas, dan lemah keyakinan.” (HR Daruquthni dari Jabir).

Kekhawatiran Rasulullah ditunjukkan dari hadis di atas. Nabi kwatir umatnya menjadi umat yang kalah dan tidak memiliki kehormatan. ADapun penyakit itu dalah:

Pertama, Besar Perut.
Orang yang mementingkan urusan perut biasanya tak segan-segan menghalalkan segala cara untuk memperoleh apa yang diinginkannya. Orang yang terkena penyakit ini, ia akan kehilangan kehormatan dan mengundang datangnya azab yang dahsyat.

Allah SWT berfirman,

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۖ وَلَلدَّارُ الْآخِرَةُ خَيْرٌ لِّلَّذِينَ يَتَّقُونَ ۗ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

”Dan kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan senda gurau. Sedangkan negeri akhirat itu, sungguh lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Tidakkah kamu mengerti?” (QS 6:32).

Loading...

Kedua, Banyak Tidur.
Penyakit ini membuat orang kehilangan produktivitasnya. Orang-orang yang terjangkit penyakit ini dapat meninggalkan kewajibannya dalam beribadah.

Sedangkan, Rasulullah, para sahabat, dan orang-orang saleh menyedikitkan tidur dan beribadah di sepertiga malam terakhir.
Firman Allah SWT,

قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا. قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا. نِّصْفَهُ أَوِ انقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا. أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلًا.

”Hai orang yang berselimut, bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit, atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Alquran itu dengan perlahan-lahan.” (QS 73:1-4).

Ketiga, Malas.
Orang Malas akan kehilangan kreativitasnya bunga waktu dengan sia-sia. Kehancuran dan kemunduran umat Islam akan terjadi jika umatnya seperti ini.

Keempat, Lemah atau Kecil hati
Penyakit ini menyebabkan seseorang tidak memiliki Umat yang tak teguh pendirian akan sangat mudah diprovokasi dan diadu domba oleh orang lain.

Tags: #Manusia Penakut #Penyakit Umat #Putus Asa