4 Manfaat Wudhu’ Bagi Kesehatan

3539 views

Wudhu adalah syarat sahnya shalat, kita harus menyucikan diri sebelum melaksanakan shalat. Tidak hanya itu, whudu juga bisa menjadi penangkal virus, karena dengan memelihara wudhu kita akan mencegah virus yang menempel didalam tubuh kita termasuk virus corona.

Berwuduhu bertujuan untuk menyucikan diri dan jiwa, serta memberi banyak manfaat kepada kita, bukan hanya sebatas membasuh beberapa bagian tubuh melainkan untuk menjaga kesehatan serta mencegah berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah manfaat wudhu bagi kesehatan, diantaranya adalah:

1. Membersihkan Kuman
Wudhu itu sebagai resep obat, karena dengan berwudhu bisa meningkatkan kesehatan manusia. Karena keseharian pun kita beraktivitas dan akan menyentuh banyak hal. Sehingga dengana rajib berwudhu kita akan melenyapkan hilang sebab otomatis kita akan mencuci tangan dan muka dengan air yang mengalir.

Menurut medis, Shalat itu merupakan olahraga jasmani dan rohani sedangkana berwuhdu bisa mencegah kanker kulit. Kanker kulit ini disebabkan oleh bahan kimia yang menempel setiap hari. Dengan cara berwudhu minimal lima kali sehari akan efektif untuk mencegah.

2. Melindungi Kulit dari Kerutan
Berwudhu dengan cara membasuh wajah bisa melindungi dari kerutan. Dengan membasuh wajah bisa meremajakan sel-sel kulit wajah dan membantu cegah keriput.

Selain itu kita dianjurkan untuk berwudhu sebelum tidur, hal ini termasuk sunnah Nabi Muhammad yang bertujuan agar setiap muslim suci dalam setiap keadaan, meski kita sedang tidur sekalipun.

Loading...

Nabi Muhammad pun bersabda: “Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah sebagaimana wudhumu untuk sholat.” (HR. Al Bukhari No. 6311 dan Muslim No. 2710).

3. Cegah Masalah Kesehatan
Salah satu manfaat berwudhu adalah mencegah mulur dari penyakit. Ketika kita berwhudu kita dianjurkan untuk berkumur-kumur bisa membantu hilangkan partikel makanan dan bakteri dari mulut. Juga dianjurkan untuk menghirup air ke dalam rongga hidung.

Dalam dunia kesehatan menghirup air ke dalam rongga hidung ini bisa mencuci rongga hidung dari segala macam kotoran yang ada di dalamnya mulai dari debu hingga bakteri.

Dikutip dari detikHealth beberapa waktu lalu, dr Bagas Wicaksono SpTHT-KL dari RSIA Kemang Medical Care mengatakan, hal tersebut bisa membantu mencuci semua kuman, debu, alergi, bakteri dan virus dari hidung.

Umat muslim berwudhu sebanyak 5 kali sehari tentu saja sudah membersihkan rongga sebanyak lima kali apalagi jika diulang-ulang sampai 3 kali. Dan ketika rongga hidung kita bersih maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit saluran pernapasan seperti influenza hingga Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

4. Melancarkan Peredaran Darah
Dikutip dalam buku “Dahsyatnya Terapi Wudhu” oleh Muhammad Syafie el-Bantanie, berwuhdu secara teratur bisa membantu melancarkan peredaran darah. Ketika kulit bersentuhan dengan air maka akan terjadi normalisasi suhu tubuh karena bertemunya suhu panas dalam tubuh dan subu dingin air, tubuh menjadi sejuk dan peredaran darah lancar.

Ketika perdaran tubuh kita lancar maka kerja jantung akan optimal sehingga akan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan menghindarkan tubuh dari risiko serangan jantung. [news.detik.com]

Tags: #Manfaat Air Wudhu #Manfaat Wudhu'