4 Tips Biar Tidak Gampang Marah Dalam Islam

1901 views

Manusia ketika marah akan mudah dimasuki setan, makanya saat marah banyak manusia lepas kontrol karena pikirannya sudah dikuasai setan untuk berbuat kejam.

Berikut ada beberapa tips dari Ustadz Ainul Yaqin, Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) untuk mengatasi amarah saat mulai bergejolka:

1. Pasrah Pada Allah
Kita harus pasrah kepada Allah, membaca taawudz saat marah dan segeralah berwudhu untuk mendinginkan hati. Sabda Nabi:

إِني لأعلمُ كَلِمَةً لَوْ قالَهَا لذهبَ عنهُ ما يجدُ ، لَوْ قالَ: أعوذُ بالله مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجيمِ، ذهب عَنْهُ ما يَجدُ

“Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta’awudz: A’uudzu billahi minas syaithanir rajiim, marahnya akan hilang.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Hindari Perdebatan
Ketika suasan sedang memanas maka jangan semakin berdebat, karena itu bisa memicu amarah. Nabi bersabda:

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ

“Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad)

Loading...

3. Duduk Saat Marah
Ketika marah bergojolak saat kamu sedang berdiri maka duduklah, itu bisa meredam amarah. Nabi bersabda:

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ قَائِمٌ فَلْيَجْلِسْ ، فَإِنْ ذَهَبَ عَنْهُ الْغَضَبُ وَإِلَّا فَلْيَضْطَجِعْ

“Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur.” (HR. Ahmad 21348, Abu Daud 4782)

4. Ingat, Ada Kebaikan Jika Menahan Amarah
Saat gejolak amarah sudah mulai mengganggu hati, tahanlah dan ingat selalu bahwa menahan amarah itu bisa mendapat pahala. Firman Allah di dalam al-Qur’an:

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imran: 134)

Tags: #Doa Marah #Gampang Marah #Mengatasi Amarah