5 Amalan dan Doa Agar Bangun Subuh Tepat Waktu

595 views

Melaksanakan solat subuh memang sulit karena pada waktu itu sedang enak-enaknya tidur. Bahkan nabi menjelaskan tentang keutamaan sholat sunnah fajar atau shalat sunnah sebelum subuh.

Salah satu keutamaan salat Subuh di masjid adalah sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Orang yang melakukan shalat shubuh, maka dia berada di dalam perlindungan Allah”. (HR Muslim).

Beliau juga bersabda: “Orang yang ikut salat Isya (berjamaah), seolah-olah telah salat setengah malam. Orang yang ikut salat Subuh (berjamaah), seolah-olah dia telah melaksanakan salat sepanjang malam (qiyamullail). (HR Muslim)

Dan Masih banyak lagi keutamaan melaksanakan salat Subuh berjamaah.

Ketika muncul pertanyaan Mengapa harus bangun di waktu Subuh? Minimalnya dua alasan, yang pertama adalah karena hal itu merupakan kewajiban umat muslim dalam mendirikan salat Subuh.

Jawaban yang Kedua adalah karena waktu Subuh adalah waktu yang diberkahi Allah Ta’ala. Karena waktu shubuh adalah waktu dibagikannya rezeki. Nabi Muhammad juga mendoakan umatnya yang tidak menyia-nyiakan waktu di pagi hari.

Loading...

Jika kita sulit bangun di waktu subuh karena dingin dan nikmat tidur dikala subuh setidaknya inilah tips dan cara agar bangun Subuh dengan segar sebagaimana pernah disampaikan Al-Habib Munzir Al-Musawa, adalah;

Pertama, Jauhi makan malam lebih, atau kurangi.

Kedua, Pasang Alarm.

Ketiga, Jika tidak makan malam kecuali makanan ringan maka makanlah sedikit saja.

Keempat, Tidur dengan zikir: Ini dzikir yang dibaca;
Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, Allahu Akbar 33 kali. Diakhiri Laa ilaaha illallahu wahdahu Laa Syariika lah, lahul mulku walahul hamd, yuhyi wayumiit, wahuwa ala kulli syayin qadiir 1 kali.

Kelima, Berdoa. Doa agar dibangunkan oleh Allah SWT

Tags: #Bangun Subuh #Pahala Subuh #Salat Fajar