5 Cara Mengetahui Kesiapanmu Untuk Menikah

2093 views

Menikah merupakan sesuatu yang sakral dan tidak hanya melibatkan pasangan serta keluarga, namunĀ  juga ambil janji kepada Allah.

Mungkin jika belum menikah menganggap tidak akan rumit menjalani pernikahan. Tapi ketika sudah menjalani, banyak yang tidak sanggup.

Ketika sudah dewasa dan umurnya terbilang matang tentu banyak hal yang menjadi pertimbangan apakah kamu benar-benar siap menikah dengan si dia?

Karena sangat sulit membedakan mana perasaan cinta dan mana perasaan nafsu belaka.

Biar tidak salah dalam menentukan jalan penikahan, berikut ini cara untuk mengetahui bahwa kamu siap menikah atau belum:

1. Kamu Semakin Dewasa Menghadapi Masalah
Ketika waktumu untuk menikah sudah tiba, maka kamulah yang akan merasakan dan bisa menilai sendiri bahwa kamu siap berumah tangga.

Loading...

Menurut Ammanda Major, ketika kamu dan dia sudah sama-sama merasa nyaman, bisa menerima kekurangan, sat ada masalah tidak memanfaatkan kesempatan.

Maka itulah pertanda bahwa kamu sudah benar-benar siap untuk menikah.

2. Bijak Menyelesaikan Masalah
Setiap hubungan pasti mengalami perdebatan dan pertengkaran. Ketika kamu sudah siap menikah maka harus sadar bahwa pasanganmu berbeda dan pasti akan terjadi perselisihna.

Ketika kamu sudah bisa menyelesaikan dengan baik, memiliki keterampilan memecahkan masalah, siap dikritik dan mengkritik dengan baik. Itu tanda kamu sudah siap menikah.

3. Bisa Berkomunikasi Dengan Baik
Salah satu hal terpenting untuk membangun rumah tangga adalah membangun komunikasi yang baik dengan pasangan. Karena baik buruknya komunikasi sangat mempengaruhi pernikahan.

Jika kamu sudah bisa menyelesaikan masalah sendiri dan mampu berkomunikasi dengan keluarga saat ada malasah, itu tanda kamu siap menikah.

4. Punya Tujuan Hidup
Rumah tangga tidak hanya dibangun dengan cinta saja, tapi dengan tujuan hidup dan cita-cita. Jika punya tujuan hidup kemana kedepannya itu baik.

Tapi ketika sudah menikah, kamu harus bisa menyelaraskan antara tujuan hidupmu dan tujuan hidup pasanganmu.

5. Mengenal Baik Dengan Pasanganmu
Mengenal calon suami/istri itu penting sekali, agar ketika sudah menikah bisa meminimalkan konflik dalam rumah tangga.

Ajaklah pasanganmu membuat keputusan bersama sebelum menikah dan ajaklah berkomitmen dalam pernikahannya, agar kelak bisa langgeng sampai kakek-nenek.

Tags: #Sebelum Menikah #Siap Menikah #Tanda Tanya