5 Dampak Buruk Terlalu Sayang Sama Anak

422 views

Semua orang pasti akan menyayangi buah hatinya. Setiap orang pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya bahkan rela melakukan apapun demi anaknya.

Kasih sayang orang tua kepada anaknya memang tidak terhingga sepanjang masa, apalagi seorang ibu.

Namun bagaimana jika kasih sayang orang tua yang diberikan terlalu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan pasti akan berdampak buruk meski itu adalah kasih sayang.

1. Manja dan Egois
Anak yang terlalu diberi kasih sayang dan perhatian yang berlebihan akan menjadi anak yang manja yang akan meminta apapun keinginannya kepada orang tuanya.

Jika tidak ia akan melakukan segala cara untuk memenuhi keinginannya.

2. Tidak Mandiri
Anak yang terlalu disayang tidak bisa mandiri karena selalu mengandalkan orang tuanya dalam hal apapun.

Loading...

Ia merasa orang tuanya akan selalu ada untuknya dan berusaha memenuhi semua kebutuhannya.

3. Kemampuan Sosial Jadi Buruk
Ia akan menjadi anak yang tidak peka, tidak menghargai perasaan orang tua apalagi orang sekitar. Yang ia pikirkan hanya keinginan dan kemauan diri sendiri.

4. Tidak Bisa Bertanggung Jawab
Akibat dari orang tua yang berebihan memberi kasih sayang kepada anaknya membuatnya tidak bisa bertanggung jawab kepada dirinya sendiri juga orang lain.

Akhirnya ia akan menjadi anak yang manja, malas, mudah marah bahkan akan tumbuh menjadi orang yang tidak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri ketika dewasa nanti.

5. Suka Menantang dan Tidak Hormat
Anak yang terlalu disayang akan menjadi anak yang suka menantang, membangkang bahkan tidak akan hormat kepada orang tuanya.

Maka dari itu sebagai orang tua jangan terlalu berlebihan dalam memberikan kasih sayang juga perhatian sehingga berakibat fatal kepada sang anak. [theasianparent.com]

Tags: #Kasih Sayang #Sayang Anak #Terlalu sayang