5 Kesalahan Orangtua Saat Mengajari Anak Berpuasa

7155 views

Puasa di Bulan Ramadhan wajib kita dilaksanakan oleh semua Umat Muslim yang sudah baligh. Biasanya orang tua akan mengajari anaknya untuk berpuasa sehingga ketika sudah baligh nanti ia terbiasa.

Orang yua harus mengajarkan anak secara bertahap, serta jangan lupa untuk mengajarkan nilai-nilai bulan suci Ramadhan.

Berikut kesalahan orang tua ketika mengajarkan anak puasa.

1. Mengharuskan Satu Hari Penuh
Tak ada salahnya mengajarkan anak berpuasa namun jangan samakan dengan orang dewasa. Apalagi anak belum baligh sehingga tidak diwajibkan untuk puasa seharian.

Lebih baik ajarkan anak berpuasa secara bertahap mulai dari berpuasa setengah hari terelebih dahulu. Abdul Wahab As-Sya’rani menjelaskan bahwa para ulama sepakat bahwa umur 7 tahun anak bisa diajak belajar puasa.

2. Menangis Dianggap Membatalkan Puasa
Orang tua seringkali menakut-nakuti anak bahwa menangis membatalkan puasa. Menurut Direktur Rumah Quran dan Bahasa Al-Mujtaba, Dr. Mauidlotun Nisa, Lc., S.Pd.I., M.Hum menjelaskan bahwa tidak ada keterangan di dalam Al-Qur’an maupun hadist yang menjelaskan menangis bisa membatalkan puasa, kecuali jika air matanya ditelan.

Loading...

“Dalam literatur Fiqih juga menjelaskan bahwa tak ada satu pun yang menyebutkan bahwa menangis bisa membatalkan puasa. Kecuali jika air mata berlebihan lalu masuk ke mulut hingga ke kerongkongan, itulah yang menyebabkan puasanya batal.

3. Puasa Tapi Tidak Shalat
Ajarkan anak tentang kewajibannya ketika berpuasa, jangan membiarkan anak tidak melaksanakan shalat hanya karena badan lemas disebabkan puasa.

Orang tua harus mengajarkan melaksanakan shalat dengan baik. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW juga bersabda:

مُرُوا أَوْلادَكُمْ بِالصَّلاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ ، وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ

“Perintahkan anak-anak kalian untuk melakukan shalat saat usia mereka tujuh tahun, dan pukullah mereka saat usia sepuluh tahun. Dan pisahkan tempat tidur mereka.”

4. Menakuti-nakuti Anak Agar Mau Berpuasa
Jangan sampai menakuti apalagi mengancam, cobalah untuk mengajak anak untuk berpuasa dengan alasan agar masuk surga bersama.

5. Memaksa Anak Agar Tetap Puasa Padahal Sedang Sakit
Menurut Dokter Spesialis Anak, dr. Titis Prawitasari, Sp.A(K), jika ingin melatih anak berpuasa alangkah lebih baik secara bertahap. Jangan sampai mengajarkan anak berpuasa seharian penuh.

Ajari berpuasa secara bertahap mulai dari 4 jam atau setengah hari. Karena kondisi fisik dan mental sang anak juga harus diperhatikan. [kumparan.com]

Tags: #Anak Berpuasa #Mengari Anak #Secara Perlahan