5 Kriteria Suami Ideal Menurut Agama Islam

1399 views

Didalam rumah tangga peran suami sangatlah penting. Jika iibaratka sebuah kapal, maka suami adalah nahkodanya sehingga suami sebagai penentu kemana kapal akan berlayar.

Keterampilannya dalam membawa kapal akan menentukan seluruh penumpang selamat sampai tujuan.

Sebaliknya jika nahkodanya tidak terampil maka bisa membuat kapal karam, menabrak batu karang atau menuju arah yang salah.

Itulah pentingnya peran suami sebagai kepala keluarga. Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk tahu kriteria calon suami yang baik untuk dirinya.

Berikut ini lima kriteria suami ideal yang bisa dijadikan acuan wanita saat hendak menerima pinangan seorang pria:

1. Shaleh, Taat Beribadah dan Bisa Memotivasi Untuk Kebaikan
Sebagai kepala keluarga harus shaleh karena sebagai syarat untuk mendapatkan keluarga yang tenang dan sakinah.

Loading...

Dengan memiliki suami yang shaleh maka akan menjadi suri tauladan dan motivator juga kebaikan bagi semua anggota keluarga.

Suami yang baik akan berusaha semaksimal mungkin, akan selalu berusaha membawa kebahagiaan di dunia dan selamat dari api neraka.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu …” (QS. at-Tahrim: 6)

2. Bisa Memberi Nafkah yang Halal
Seorang suami harus mencari nafkah yang halal untuk mendapatkan nafkah yang halal karena kan dibagikan kepada keluarganya. Sebagaimana firman Allah Ta’alaa berikut ini:

وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

“… dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut …” (QS. al-Baqaroh: 233)

3. Bisa Menjadi Pemimpin Keluarga
Laki-laki adalah pempimpin bagi perempuan, itulah keindahan tuntunan Allah dalam menatap kehidupan kita yang Insya Allah akan mengantarkan kebahagiaan didalam keluarga.

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian (perempuan) yang lain dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebahagian dari harta mereka …” (QS. an-Nisa: 34)

Karena laki-laki sebagai pemimpin, maka ia harus memiliki hati yang kuat, tidak boleh lemah, jangan mudah putus asa, tidak boleh bersikap kasar dan arogan kepada keluarganya.

4. Sopan dan Bijak Dalam Berkomunikasi
Didalam pernikahan, komunikasi tak kalah pentingnya sehingga bagi pasangann yang ingin memiliki pernikahan yang baik maka harus bisa menjaga komuniksi yang baik.

Tidak hanya dengan istri semata, melainkan kepada semua anggota keluarga juga tetangga. Sehingga didalam keluarga akan merasakan kedekatan.

5. Sabar Dalam Memimpin Keluarga
Seorang pemimpin harus memiliki sifat bijak, lapang dada, sabar, terutama ketika sedang menghadapi masalah atau ketika ada kekurangan pada istri juga anak-anaknya.

Sebagai kepala keluarga tidak boleh marah apalagi bersikap kasar sebab akan berdampak pada hal buruk terutama pada perkembangan anak.

Itulah 5 kriteria kepala rumah tangga yang idaman dan ideal, jika masih memiliki kekurangan maka berusahalah untuk memperbaiki sehingga bisa menjalankan amanah sebagai kepala rumah tangga dengan baik. [ummi-online.com]

loading...
loading...

Tags: #Kretria Suami Idaman #Suami Idaman #Suami Ideal