5 Panggilan Sayang Nabi Muhammad Kepada Istrinya

5809 views

Hendaknya pasangan suami-istri memiliki panggilan sayang untuk menambah romantisme dalam keluarga, dan bisa jadi ungkapan cinta saat memanggil pasangan.

Panggilan sayang kepada istri ini ternyata sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad dan sunnah bagi suami-istri mengikutinya.

Menurut Badruddin az-Zarkasyi dalam kitab al-Ijabah li Iradi Mastadrakathu Aisyah alas Shahabah, mengatakan bahwa Nabi Muhammad memiliki beberapa panggilang sayang kepada istrinya, yaitu siti Aisyah:

1. Uwaisy
Kata Uwaisy dalam kaedah nahwu disebut tasghir tahbib, yaitu tujuannya untuk memanggil seseorang dengan rasa cinta.

2. Ya Aayish
Bedasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Sahihain, Nabi Muhammad juga memanggil siti Aisyah dengan dipanggil sebutan “Ya Aayish” (يا عايش) dengan membuang ة dibelakang.

3. Kunyah
Pernikahan Nabi Muhammad dengan siti Aisyah tidak dikaruniai keturunan, tapi Rasullah menisbatkan anak pertamanya kepada siti Aisyah sebagai bentuk kasih sayang beliau. Biasanya panggilan kunyah itu di awali kata abu atau ummu.

Loading...

4. Ummu Abdullah
Panggilan yang ini, Nabi Muhammad menisbatkan siti Aisyah nama keponakan beliau, yaitu Abdullah bin Zubair. Nabi Muhammad menganggap seperti anak sendiri kepada Abdullah bin Zubair.

5. Ya Khumaira
Nabi Muhammad juga memanggil siti Aisyah dengan panggilan “Ya Khumaira“, yang artinya perempuan kemerah-merahan pipinya.

Tags: #Nabi Muhammad #Panggilan Sayang #Sayang Istri