5 Penyebab Suami Susah Minta Maaf Sama Istri Meski Salah

343 views

Menikah adalah proses memahami, mengerti serta belajar bersabar, karena didalam pernikahan pasti akan merasakan perselisishan sehingga membutuhkan pengertian, memahami dan kesabaran.

Terkadang pasangan kita bersikap seenaknya, dia yang salah tapi dia enggan meminta maaf. Hal inilah yang membuat perempuan kecewa dan merasa sakit hati.

Ketika suami salah lalu didiamkan ternyata bukan membuat suami meminta maaf dan menyadari kesalahannya.

Justru ia semakin cuek dan enggan untuk mmeinta maaf, sehingga istri pun merasa bahwa suaminya egois dan hanya mau menang sendiri.

Berikut ini beberapa penyebab suami enggan meminta maaf sama istri meski dia sendiri yang salah, istri harus paham ini:

1. Suami Tidak Menyadari Kesalahannya
Bisa jadi suami memang hidup dalam lingkungan yang cuek sehingga ia tidak menyadari bahwa yang ia ucapkan menyakiti dan menyinggung istrinya.

Loading...

Faktor kultur yang membuatnya demikian sehingga kita sebagai istri harus mengetahui karakter suami dengan benar, atau lebih baik berterus terang bahwa kita memang tersinggung.

2. Harga Diri
Penelitian Dr Tyler Okimoto, dari University of Queensland, mengatakan bahwa orang yang enngan untuk meminta maaf biasanya adalah orang yang merasa bahwa dirinya memiliki kekuatan lebih besar atau merasa unggul dari orang lain.

Tidak terkecuali suami terhadap istri, ia merasa jika meminta maaf duluan ia merasa bahwa dirinya lemah.

Cara mengatasinya adalah sang istri bisa meminta pihak lain yang lebih memiliki power dari suami untuk menasehatinya.

3. Tidak Memiliki Keberanian
Psikolog, Harriet Lerner dalam buku ‘The Dance of Anger’, mengatakan bahwa alasan suami tidak mau meminta maaf duluan.

Karena ia tidak memiliki keberanian untuk meminta maaf, jika ia meminta maaf maka sang istri justru akan bertambah bawel, ngoceh bukan menghargai.

Sebagai istri tdak perlu memaksa suami untuk meminta maaf, sebab yang terpenting adalah suami mau berubah menjadi orang yang lebih baik lagi.

Dari pada berdebat masalah maaf, cobalah istri yang meminta maaf terlebih dahulu, jadila contoh yang baik dan tulus karena istri yang meminta maaf juga bisa menjadi contoh bagi suami.

4. Minta Maaf Tapi Dengan Cara Lain
Ketika suami melihat istri menangis karenanya mungkin ia memang tidak bisa meminta maaf secara langsung namun terkadang ia meminta maaf dengan cara yan lain misal seperti memberikan hadiah.

Sebagai istri harus paham bahwa sikap yang demikian sebenarnya adalah sikap suami yang menyadari kesalahannya dan meminta maaf kepadamu.

5. Suami Berpikir Wanita Mudah Memaafkan
Laki-laki beranggapan bahwa perempuan itu mudah memaafkan sehingga suami akan membiarkan mengalir begitu saja.

Jika demikian sebagai istri harus tegas karena tidak selamanya akan mengalah dan dampaknya akan buruk jika dibiarkan terus menerus.

Itulah penyebab kenapa suami enngan untuk meminta maaf. Sebagai istri cobalah untuk lebih mengerti dan bersabar dengan sikap suami serta selalu terbuka dengan apa yang dirasakan. [ummi-online.com]

Tags: #Alasan Suami Tidak Mau Minta Maaf #Penyebab Suami Susah Minta Maaf #Suami Tidak Mau Meminta Maaf