5 Penyebab yang Bikin Anak Ngompol dan Jarang Orangtua Sadari

494 views

Anak mengompol menjadi salah satu hal yang menyebalkan dan tidak diinginkan oleh orang tua. Anak yang suka ngompol ternyata berkaitan erat dengan kebaisaan, sehingga alangkah lebih baik orang tua harus mengajari anak untuk buang air kecil ditoilet di usia dua tahun atau tiga tahun.

Akan tetapi anak yang terbaisa ngompol disebabkan oleh beberapa hal, apalagi jika usia anak menginjak lima tahun. Ternyata masalah mental juga kesehatan bisa menjadi penyebab anak ngompol.

1. Penyakit Diabetes
Ternyata anak yang suka ngompol disebabkan karena memiliki penyakit diabetes tipe 1 sejak lahir. Sehingga inilah yang membuatnya sering buang air kecil.

2. Sembelit
Ketika anak mengalami konstipasi, kemungkinannya akan sering kencing ditempat tidur. Dan ternyata hal ini tidak terjadi pada anak kecil saja melainkan juga pada orang dewasa.

Maka dari itu mencari masalah adalah hal yang harus dilakukan juga melegakan pencernaan bisa atasi masalah ini.

3. Faktor Gen
Ngompol bisa jadi disebebkan oleh ukuran kandung kemih yang kecil atau memang faktor gen, bisa jadi keluarganya juga mengalami hal yang sama.

Loading...

4. Rasa Takut
Ketika anak merasa cemas, merasa takut atau emosi yang membuatnya tertekan bisa menjadi penyebab anak ngompol.

Orang tua yang memarahi anak, mengancamnya jika mengompol bisa mmebuatnya kehilangan kontrol terhadap kandungan kemihnya.

5. Merasa Iri
Ketika ada persaingan antara saudaranya bisa membuatnya cemburu, apalagi jika memiliki saudara yang baru lahir. Dengan mengompol ia akan mendapatkan perhatian.

Sehingga orang tua harus melatih sang anak untuk kencing di kamar mandi sejak usia 2- 3 tahun. [merdeka.com]

Tags: #Anak Ngompol #Penyebab Anak Ngompol