5 Peran Besar Istri Dalam Keluarga yang Bikin Rumah Tangga Bahagia

783 views

Setiap wanita pastinya berharap bisa menjadi sosok istri yang baik. Tujuannya agar bisa mendapatkan kasih sayang dari suami, sekaligus menjaga keharmonisan rumah tangga hingga ajal memisahkan.

Dalam kehidupan berumah tangga, seorang istri harus punya keterampilan khusus, baik dalam hal mengurus diri, suami, anak, ataupun rumah.

Seorang istri dinilai memiliki peranan penting yang dapat mempengaruhi perjalanan suaminya. Misalnya, apabila sebelum menikah suami merupakan sosok yang bejat dan pelaku tindak kriminal.

Maka setelah menikah dia mampu merubah watak suaminya menjadi sosok yang soleh dan beradab. Namun, bisa juga sebaliknya.

Bagi Setiap suami, sosok istri memiliki peran penting. Istri diharapkan mampu menjadi teman setia dalam segala hal sekaligus mampu menjadi pelipur lara ketika duka melanda.

Seorang istri juga merupakan tempat bagi sang suami untuk mencurahkan segala perasaan yang dialaminya dalam menjalani tekanan hidup yang makin pelik.

Loading...

1. Motivator
Istri sebagai pendorong yang kuat bagi suami, sehingga peran seorang istri adalah menjadi motivator bagi suaminya sendiri.

Tidak diragukan lagi bahwa istri adalah motivator utama bagi suaminya. Karena istri dan keluarga adalah motivasi utama seorang suami untuk rela bekerja keras siang dan malam.

Sebagai istri kita harus memenuhi hakanya, istri wajib memberikan pelayakan, senyuan dan kenyamanan terbaik untuk suaminya.

Ketika suami mulai lalai dalam beribadah, maka sudah sepatutnya sebagai istri yang harus mengajaknya untuk kembali bersemangat beribadah dan mengingatkannya dengan ancaman Allah di akhirat kelak.

Bagi suami istri adalah mood booster atau chargenya untuk menghadapi tantangan lebih semangat lagi dan lebih baik lagi di esok hari atau dikemudian hari.

2. Pencegah Suami Berbuat Kejahatan
Istri sangat berperan penting dalam menentukan sikap suami di manapun dia berada dalam kehidupan sehari-hari.

Pepatah mengatakan bahwa di belakang laki-laki yang sukses, ada seorang perempuan kuat yang mendukungnya, yang seringkali seringkali kita mendengar ungkapan tersebut.

Seperti itulah kenyataannya. Apabila, seorang istri baik, maka suaminya pun juga akan baik.

Begitu juga sebaliknya, istrinya jahat, maka sang suami pun juga akan ikut jahat. Namun, hal tersebut memang tidak berlaku secara umum, hanya saja pada kenyataannya kebanyakan seperti itu.

3. Madrasah Pertama Anak-Anaknya
Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Mendidik anak adalah salah satu tugas utama seorang istri.

Seorang istri harus tetap menjadi sentral pembelajaran bagi anak-anaknya meskipun terkadang harus bekerja diluar rumah. Jangan mengesampingkan pendidikan anak dengan asumsi mudah membayar orang.

Seorang istri adalah tiang utama dalam membangun skala pendidikan dan ilmu pengetahuan dalam keluarganya.

Jika, sang ibu lemah dan tidak mampu mendidik anak-anaknya dengan baik, maka masa depannya pun akan suram dan yang ada hanyalah kehancuran suatu generasi.

4.Teman Curhat
Keluarga yang tahu bagaimana baik buruknya anak, suami dan istri. Maka biasakan untuk bercerita kepada keluarga dibanding bercerita kepada temannya.

Jangan sampa ada masalah rumah tangga curhatnya malah pada sahabat atau tetangga. walau curhatan sering kita lakukan namun jangan sampai masalah keluarga diceritakan kepada orang lain.

Terlebih, bagi setiap pasangan suami istri, dengan semakin tingginya tekanan serta berbagai problematika ekonomi, sosial, hingga urusan pekerjaan sekalipun yang sudah sepatutnya sering diungkapkan oleh pasangan.

Suami pastinya, membutuhkan tempat yang tidak lain adalah istrinya, untuk menumpahkan segala keresahan dan uneg-unegnya agar perasaan menjadi tenang dan agak lega.

Begitupun juga sebaliknya, seorang istri membutuhkan tempat untuk berbagi cerita yang tidak lain adalah suaminya. Karena tujuan utama dari aktivitas ini adalah untuk saling mendengarkan dan memahami perasaan satu sama lain.

Oleh sebab itu, jika ada masalah khususnya jika berhubungan dengan kehidupan bersama, maka harus segera dibicarakan bersama-sama. Jangan sampai satu pihak memikul beban sendirian, sehingga dia tertekan.

Ibarat rumah, maka curhat adalah jendela yang membuat cahaya matahari masuk ke dalam rumah dan menerangi seisinya.

Sehingga, ruang hati pun kembali hangat dan tentram. Jadilah pasangan suami-istri yang terbuka yang tidak memendam masalah sendirian akhirnya timbul pertengkaran.

5. Menteri Keuangan Keluarga
Peran penting lainnya seorang istri adalah menjadi menteri keuangan keluarga. Menjadi seorang isrti harus cerdas dalam mengelola keuangan yang mengimbangi pemasukan suami.

Bahkan tidak hanya mampu mengimbangi pengeluaran dan pemasukan namun ia juga harus menyisihkan uangnya untuk ditabung meski hanya sedikit.

Perlu diingat, sebaik-baik istri ialah orang yang mampu berhemat, namun tidak kikir. Dia mampu menyeimbangkan taraf hidup keluarganya sesuai dengan standar pemasukan keuangan keluarga, tanpa harus membatasi keinginannya kuat-kuat.

Jika sang suami adalah orang yang berkelebihan harta, maka sudah sewajarnya dia mampu mengatur keuangan keluarganya dengan baik, mengingat roda kehidupan akan terus berputar.

Jangan sampai istri menghambur-hamburkan harta suami untuk hal yang tidak bermanfaat, kecuali untuk keperluan keluarga dan dalam rangka beribadah kepada Allah SWT. [ummi-onlie.com]

Tags: #Keluraga Bahagia #Peran Istri #Rumah Tangga