5 Perilaku Istri yang Terlalu Membebani Suaminya

1414 views

Seorang istri memiliki peran yang sangat penting didalam rumah tangga, karena pepatah mengatakan bahwa dibalik kesuksesan suami ada istri yang luar biasa.

Dengan dukungan istri akan memicu semangat suami, sehingga dukungan istri sangatlah dibutuhkan oleh suami.

Suami membutuhkan pelayanan yang baik, dukungan emosi pun sangat dibutuhkan oleh suami sebagai kepala keluarga dan pencari nafkah.

Sikap istri yang akan menimbulkan hal yang baik didalam rumah tangga. Sebaliknya, jika prilaku istri tidak baik maka akan menyebabkan rumah tangga tidak baik bahkan bisa hancur.

Sedikitnya ada 5 hal berikut ini yang harus dijauhi oleh istri jika ingin menjaga keharmonisan rumah tangga tetap utuh:

1. Memaksakan Sesuatu Hal Diluar Kemampuan Suaminya
Seorang istri harus memiliki sifat qonaah atau menerima apa adanya yang sudah suami usahakan. Sebagai istri tidak boleh menuntut sesuatu yang melebihi kemampuan suami.

Loading...

Dari Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sungguh sangat beruntung seorang yang masuk Islam, kemudian mendapatkan rizki yang secukupnya dan Allah menganugrahkan kepadanya sifat qana’ah (merasa cukup dan puas) dengan rezki yang Allah berikan kepadanya”.

2. Bersikap Nusyuz (Merasa Lebih Tinggi Kedudukannya) Dari Suami
Sifat nuyuz adalah sifat istri yang merendahkan suami dan selalu meremehkan suami, bahkan tak jarang ia melawan suaminya.

Sehingga sifat inilah yang membuat suami kehilangan wibawanya terutama didepan keluarganya.

وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

“… perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Mahatinggi, Mahabesar.” (QS. an-Nisa’: 34)

3. Suka Mengeluh dan Kurang Berterima Kasih
Istri yang suka mengeluh serta tidak bersykur atas pemeberian suami maka hendaknya harus dihilangkan dan diganti dengan rasa syukur.

“Saya diperlihatkan neraka. Saya tidak pernah melihat pemandangan seperti hari ini yang sangat mengerikan. Dan saya melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita. Mereka bertanya, ‘Kenapa wahai Rasulallah? Beliau bersabda, ‘Dikarenakan kekufurannya.’ Lalu ada yang berkata, ‘Apakah kufur kepada Allah?’ Beliau menjawab, ‘Kufur terhadap pasangannya, maksudnya adalah mengingkari kebaikannya. Jika anda berbuat baik kepada salah seorang wanita sepanjang tahun, kemudian dia melihat anda (sedikit) kejelekan. Maka dia akan mengatakan, ‘Saya tidak melihat kebaikan sedikitpun dari anda.” (HR. Bukhari)

4. Selalu Menuntut Kesempurnaan Suami
jadilah istri yang bisa menerima suami apa adanya. Jangan pernah menuntut suami harus sempurna maka tak ada satu punmanusia yang sempurna.

Lebih baik terima semua kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh suami, sebab diri kita juga tidak sempurna maka dari kita harus bisa menjadi istri yang mampu melengkapinya.

5. Gampang Meminta Cerai Pada Suami
Dari Tsauban, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Wanita mana saja yang meminta talak (cerai) tanpa ada alasan yang jelas, maka haram baginya mencium bau surga.” (HR. Abu Daud no. 2226, Tirmidzi )

Hadis diatas adalah tentang dilarangnya seorang istri meminta cerai atau mengguat cerai kecuali ada alasan yang dibenarkan oleh agama islam.

Itulah beberapa sikap yang tidak boleh dimiliki seorang istri. Sebagai istri hendaknya memiliki ahlak yang baik sehingga rumah tangganya akan menjadi berkah.

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ

“… maka perempuan-perempuan yang shalih adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka) …” (QS. An-Nisa: 34). [ummi-online.com]

Tags: #Membebani Suami #Perilaku Istri #Sikap Istri