5 Sumber Dosa yang Sering Dilakukan Wanita Dalam Sehari-hari

415 views

Lebih-lebih masa sekarang ini sangat banyak fitnah yang tertuju pada wanita. Sebab memang banyak wanita yang semakin tak mengotrol akhlaknya.

Husein Shahab dalam bukunya Jilbab Menurut Alquran dan As-Sunnah, menuturkan bahwa fitnah banyak terjadi khususnya pada wanita yang tidak menggunakan jilbab.

Adapun fitnah yang seing kali terjadi adalah, fitnah mulut, fitnah pamer, fitnah wewangian, fitnah berhias, fitnah pandangan, dan fitnah pakaian.

Fitnah Mulut
Wanita suka bergosip, membicarakan sesuatu yang tak bermanfaat. Bahkan kadang aib orang pun nyaris dibicarakan.

Fitnah Pamer
Mungkin fitnah yang datang dari mulut sudah bisa dikendalikan dengan baik. Tapi setan tak akan mudah menyerah, masih mencari cara dengan fitnah pamer. Yakni menyebar fitnah melalui tingkah wanita suka pamer.

Allah berfirman;

Loading...

 

وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ

”Dan, janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasannya yang mereka sembunyikan.” (QS An-Nuur [24] : 31).

Fitnah Parfum
Wewangian adalah sarana fitnah yang akan bekerja di antara dua hati yang kotor.

Di satu sisi, agaman menganjurkan agar kita wewangian sekadarnya. Wewangian adalah sarana fitnah ketika digunakan dengan berlebihan bahkan membangkitkan hasrat bagi orang yang mencium harumnya.

Nabi SAW bersabda;

 

أيما امرأة استعطرت فمرت على قوم ليجدوا ريحها فهي زانية

“Bila seorang wanita memakai wewangian, lalu berjalan melewati majelis (laki-laki), maka dia telah melakukan perzinaan.” (HR Muslim).

Fitnah Berhias
Pamer diri, banyak wanita berlomba pamer kecantikannya. Berhias dengan mengenakan pakaian yang sangat tipis sehingga lekuk tubuhnya sangat jelas.

Alquran menggambarkan wanita yang seperti ini dengan sebutan tabarruj al-jahiliyyah (berhias atau bersolek ala jahiliyah).

Fitnah Pandangan
Sebuah Pengkhianatan dari hati yang paling berbahaya adalah memandang. Dengan memandang bisa menimbulkan fitnah, seperti kepikiran dan akhirnya selingkuh, berzina, dll.

Alquran telah menegaskan wanita untuk menggunakan jilbab. Lihat QS An-Nur ayat 30-31:

 

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Mahamengetahui apa yang mereka perbuat.

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.

Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka,

atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara lelaki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki,

atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.

Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mmereka sembunyikan.

Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

Maka dari itu Rasulullah SAW mewajibkan wanita menutup aurat. Sebab, dengan menutup aurat, kehormatan dan kemuliaan wanita terpelihara. serta menunjukkan sifat malu sebagai makhluk mulia.

Tags: #Fitnah Muslimah #Pamer Muslimah #Wanita Modis