5 Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi di Sekitar Kehidupan Kita

296 views

Percaya pada Kiamat termasuk rukun iman. Orang yang tidak percaya pada hari kiamat berarti ia tidak dianggap beriman.

Mengenai kejadiannya tak ada satu makhluk pun yang tahu kecuali Allah SWT. Akan tetapi Allah SWT memberikan ciri-ciri dan tanda bagaimana kiamat akan terjadi.

Saat ini beberapa tanda kiamat sering kita saksikan. Inilah tanda-tanda kiamat yang terjadi di sekitar kita:

Pertama, Al-Quran dianggap Seruling
Rasululah SAW bersabda: “Bersegeralah kamu melakukan amal shalih sebelum datang enam perkara : pemerintahan orang orang jahil, banyaknya polisi, jual beli hukum atau jabatan,

memandang remeh terhadap darah, pemutusan silaturrahim, adanya manusia yang menjadikan Alquran sebagai seruling di mana mereka menunjuk seorang imam untuk shalat jamaah

agar ia dapat mendengarkan keindahannya dalam membaca Alquran meskipun ia paling sedikit ke-faqihannya,” (Musnad Ahmad, At Thabrani, Ash Shaihhah Al Bani 979).

Loading...

Kedua, Bulan yang Menggembung
Telah bersabda Rasulullah SAW : “Di antara sudah mendekatnya kiamat ialah menggembungnya bulan sabit (awal bulan),” dishahihkan AlBaani di Ash Shahihah nomor 2292.

Dalam riwayat yang lain dikatakan “Di antara sudah dekatnya hari kiamat ialah bahwa orang akan melihat bulan sabit seperti sebelumnya,

maka orang akan mengatakan satu bentuk darinya untuk dua malam dan masjid akan dijadikan tempat untuk jalan jalan serta banyaknya orang yang mati mendadak,” (Ash Shahiihah AlBani 2292).

Ketiga, Banyaknya Pasar
Rasulullah SAW bersabda: “Kiamat hampir akan terjadi apabila sudah banyak perbuatan bohong, masa (waktu) akan terasa cepat berlalu, dan pasar pasar akan berdekatan (jaraknya karena saking banyaknya),” (sahih Ibnu Hibban).

Pasti kita temukan pasar ada di mana-mana. Mall semakin banyak, supermarket di mana-mana bukan hanya di kota saja tapi juga ke pelosok desa.

Keempat, Manusia Bermegahan Membangun Masjid
Rasulullah SAW bersabda “Tidak akan terjadi kiamat hingga manusia berbangga bangga dengan masjid,”

(hadist sahih musnad Ahmad 3:134,145, An Nasa’i 2:32, Abu Dawud 449,Ibnu Majah 779). Padahal Rasulullah SAW di lain tempat berkata “Aku tidak diutus untuk menjulangkan masjid-masjid,” (sahih sunan Abu Dawud : 448).

Kelima, Wanita Juga Bekerja
Rasulullah SAW bersabda: “Pada pintu gerbang kiamat, orang-orang hanya akan mengucapkan salam kepada orang yang khusus(dikenal) saja,

dan berkembangnya perniagaan sehingga wanita ikut seperti suaminya (bekerja/berdagang).” (HR. Ahmad)

Perkara diatas sudah sering kita temuakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Mungkin kiamat sudah benar-benar dekat.

Semoga kita termasuk orang yang khosnul khatimah dan mendapat ridha Allah.

Tags: #Kiamat Besar #Kiamat Kecil #Tanda Kiamat