5 Tanda Pernikahan yang Tidak Akan Bertahan Lama

439 views

Ketika memutuskan untuk menikah maka kita harus sadar satu hal bahwa kita tidak bisa terhindar dari yang namanya masalah. Kita harus siap dengan segala konsekuensi yang ada.

Tentu semua orang ingin hubungan pernikahannya langgeng dan bahagia namun yang namanya masalah akan selalu datang menghampiri kita.

Namun jangan pernah menyerah karena adanya masalah sudah sepaket dengan solusinya. Ketika masalah datang menerpa rumah tangga kita maka berusahalah untuk mencari jalan keluarnya agar hubungan pernikahan tetap langgeng.

Dengan adanya masalah kita akan lebih peka terhadap persoalan yang bisa merusak hubungan.

Menurut Lesli M. W. Doares konselor pernikahan dan penulis Blueprint for a Lasting Marriage: How to Create Your Happily Ever After With More Intention, Less Work, seperti yang dilansir dari rd.com mengungkapkan beberapa tanda pernikahan yang tidak akan bertahan lama adalah sebagai berikut:

1. Tidak Ada Respek Satu Sama Lain
Ketika didalam hubungan rumah tangga tak ada rasa saling menghargai, maka yang ada hanya akan saling menyalahkan, saling mengkritik tanpa mencari solusi.

Loading...

Keduanya sama-sama merasa benar hingga membuat pernikahannya menjadi hambar dan terciptalah jurang pemisah yang bisa membuat rumah tangganya hancur.

2. Selalu Bertengkar Karena Masalah Uang
Didalam pernikahan yang paling rentan adalah masalah ekonomi. Hal yang bisa membuat pasangan suami-istri selalu bertengkar adalah karena uang, entah karena kekurangan uang atau karena terbiasa menghamburkan uang.

Bonnie Winston seorang pakar hubungan mengungkapkan bahwa yang mencari nafkah bukan sebagai satu-satunya pengatur keuangan. Jauh akan lebih baik apabli segala sesuatu diputuskan secara bersama.

3. Sering Mengulang Perdebatan Karena Masalah yang Sama
Hubungan yang terlalu sering bertengkar tentang hal yang sama menandakan ada perbedaan gaya hidup mau pun kepribadian hal ini dikatakan oleh The Gottman Institute.

Karena selalu berdebat tentang masalah yang itu-itu saja sehingga arni Feuerman, psikoterapis berlisensi di Boca Raton, Florida pun memaparkan bahwa masalah ini bisa mengarah pada rusaknya sebuah hubungan. Berdebat dan saling diam bahkan saling menyalahkan hingga penyebabkan percerian.

4. Selalu Mengkritik Secara Berlebihan
Ketika kita memiliki pasangan yang selalu mengeritik maka semakin beresiko untuk berkahirnya sebuah hubungan.

Karena memiliki pasangan yang suka mengkritik bisa jadi pertanda bahwa hubungan pernikahan kita tidak baik-baik saja.

Bahkan kita perlu bertanya kepada diri kita apa yang membuat kita masih bertahan dengannya, karena semakin bertahan maka kita tidak akan pernah ada benarnya dan akhirnya kita pasti akan memilih menyerah pada pernikahan yang kita pertahankan selama ini.

5. Tak Pernah Tertawa Bersama
Pasangan yang sulit langgeng salah satunya adalah pasangan yang tidak pernah merasakan kebahagiaan dan tidak pernah tertawa bersama.

Ketahuilah bahwa tertawa bersama pasangan menjadi bukti hubungannya bahagia karena tertawa bersama menjadi kedekatan yang penting sebab ketika tertawa bersama ia sedang berbagi kebahagiaan.

Pasangan yang selalu berbahagia bersama akan merasa saling memahami serta semakin terikat. Jika tak ada kebahagiaan dan tawa didalam sebuah hubungan maka hubungannya sudah berada pada ujung tanduk kehancuran.

Seiap hubungan pasti memiliki masalah masing-masing, namun jika masih bisa dibicarakan secara baik-baik maka bisa jadi hubungannya akan terselamatkan walau hal yang bisa menghancurkan hubungan karena berbagai faktor. [fimela.com]

Tags: #Hubungan Renggang #Hubungan Rumit #Menjaga Hubungan