6 Ayat Al-Qur’an Ini Bisa Menyembuhkan Segala Penyakit

141522 views

Inilah amalan doa wirid dari ayat Al-Qur’an membantu untuk menyembuhkan macam jenis penyakit. Dalam pembahasan yang cukup singkat ini sedikit berbagi tentang doa dari ayat Al Qur’an yang mempunyai manfaat serta khasiat dalam membantu menyembukan / mengatasi segala penyakit.

Allah SWT berfirman dalam kitab suci al-Qur’an:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zhalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.” (QS. al-Isra’ : 82)

Selain obat dari dokter, Allah menjadikan Al Qur’an juga dapat menjadi segala penawar orang yang beriman.

Adapun terdapat penyakit yang ringan serta penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Untuk penyakit ringan seperti umum yang dapat dirasakan oleh semua orang seperti demam, batuk ataupun pilek, bisa diatasi dengan minum obat dari apotik. Akan tetapi jika pasien yang mempunyai penyakit yang berat (kronis).

Loading...

Tentu banyak biaya yang harus dikeluarkan demi untuk menyembuhkan penyakit berat (kronis) yang dideritanya misalnya seperti tumor, kanker ataupun penyakit berbahaya dan mematikan lainya.

Itu jika seseorang tersebut mampu untuk membiayai semua perawatan yang mungkin tidak sedikit yang dikeluarkan.

Namun apabila penyakit tersebut yang diderita seperti orang yang tidak mampu, bagi keluarga pasti bingung juga memikirkan biaya yang harus dikeluarkan tersebut.

Bagaimana untuk bisa membiayai perawatan yang sangat mahal tersebut hingga sampai demi kesembuhan ataupun demi orang yang di cintainya rela menjual apa saja yang dimiliki ataupun berhutang banyak untuk dapat membiayai perawatan yang telah dijalaninya.

Apabila usaha secara sudah dilakukan seperti berobat secara medis. Maka lakukan juga dengan berusaha secara batin.

Sebab apabila Allah telah berkehendak tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah, walaupun penyakit seseorang tersebut berat dengan mudah Allah dapat menyembuhkan.

Anda dapat melakukan amalan wirid dengan cara berikhtiar, berdzikir, serta berdoa pada Allah SWT untuk memohon kemurahan Allah berupa Mukjizat untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit yang diderita apabila penyakit tersebut memang berat. Apabila Allah telah berkehendak apapun bisa saja terjadi.

Lantas apa saja bacaan doa dalam ayat Al-Qur’an untuk membantu menyembuhkan penyakit ? Ada beberapa surat dalam Al-Qur’an untuk membantu mengobati segala macam jenis penyakit yang diderita diantaranya sebagai berikut.

1. Surat Al-Haysr ayat 21-24

لَوْ أَنزَلْنَا هَٰذَا الْقُرْآنَ عَلَىٰ جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللَّهِ ۚ وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ () هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ ۖ هُوَ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيمُ () هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ () هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ ۖ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ ۚ يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Sekiranya Kami turunkan Al-Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia agar mereka berpikir. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.” (QS. Al-Haysr : 21-24)

Khasiat dan manfaat dari Surat Al-Haysr ayat 21-24 diatas sudah membuktikan secara nyata yang dapat menyembuhkan penyakit salah satunya yakni sakit gigi berlubang.

Cara Mengamalkan

  1. Baca surat Al-Hasyr ayat 21-24 tiap hari (istiqomah) ketika saat pagi, sore maupun di malam hari.
  2. Tambahkan dengan cara mendengarkan Mp3 surat Al Hasyr ayat 21-24 ketika hendak akan beristirahat, seperti tidur siang ataupun malam. Dengan mendengarkan surah tersebut serta memahaminya, insyaAllah sel dalam tubuh menjadi kuat serta penyakit semakin melemah.
  3. Jika ingin meminum obat yang diberikan dokter, caranya, pegang obat tersebut lalu kemudian bacalah surat Al-Hasyr disusul dengan kalimat tauhid serta sholawat Nabi minimal sebanyak 7x, niatkan hati untuk meminta kesembuhan pada Allah. InsyaAllah obat  tersebut menjadi lebih mantap.
  4. Bisa dibaca sebagai bacaan sholat atau bisa dibaca sebagai wirid dzikir harian dengan cara bersungguh-sungguh yakni memahami makna dan maksud dari surat tersebut.

2. Surat Al-Anbiya’ Ayat 83

وَأَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

“Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, ‘(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang’.” (QS. al-Anbiya’ : 83)

Surat Al-Anbiya ayat 83 diatas adalah doa yang telah dibaca oleh Nabi Ayyub ketika sakit parah. Seandainya penyakit Nabi Ayyub ditimpahkan pada gunung, niscaya gunung tidak mampu untuk menahan penderitaanya.

Lalu Allah SWT mengabulkan permohonannya. Allah SWT berfirman:

فَاسْتَجَبْنَا لَهُ فَكَشَفْنَا مَا بِهِ مِن ضُرٍّ ۖ وَآتَيْنَاهُ أَهْلَهُ وَمِثْلَهُم مَّعَهُمْ رَحْمَةً مِّنْ عِندِنَا وَذِكْرَىٰ لِلْعَابِدِينَ

“Maka Kami kabulkan (doa)nya, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan (Kami lipat gandakan jumlah mereka) sebagai suatu rahmat dari Kami, dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah.” (QS. al-Anbiya’ : 84)

Cara Mengamalkan

  1. Bacalah surat Al-Anbiya ayat 83 setiap hari (istiqomah) ketika pagi, sore maupun di malam hari.
  2. Dapat menambah dengan mendengarkan Mp3 surat Al Anbiya ayat 83 hendak beristirahat tidur siang ataupun malam.
  3. Jika hendak ingin minum obat dokter, caranya memegang obat tersebut lalu bacalah surat tersebut dilanjut dengan kalimat tauhid serta sholawat Nabi 7x, niatkan hati untuk meminta kesempuhan Allah. InsyaAllah obat menjadi lebih mantap.
  4. Bisa dibaca sebagai bacaan sholat atau dibaca sebagai wirid dzikir harian dengan melakukan secara bersungguh-sungguh yakni memahami makna dan maksud dari surat tersebut.

3. Surat Al-Mu’minuun Ayat 115-116

أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لَا تُرْجَعُونَ () فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

“Maka apakah kamu mengira, bahwa Kami menciptakan kamu main-main (tanpa ada maksud) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? Maka Mahatinggi Allah, Raja yang sebenarnya; tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Tuhan (yang memiliki) ‘Arsy yang mulia.” (QS. al-Mu’minun : 115-116)

4. Surat Asy-Syu’araa Ayat 78-81

الَّذِي خَلَقَنِي فَهُوَ يَهْدِينِ () وَالَّذِي هُوَ يُطْعِمُنِي وَيَسْقِينِ () وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ () وَالَّذِي يُمِيتُنِي ثُمَّ يُحْيِينِ

“(yaitu) Yang telah menciptakan aku, maka Dia yang memberi petunjuk kepadaku, dan Yang memberi makan dan minum kepadaku; dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku, dan Yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku (kembali),” (QS. asy-Syu’araa : 78-81)

Cara Mengamalkan

  1. Bacalah surat Al-Mukminuun ayat 115-116 dengan Surat Asy Syu’araa ayat 78-81 setiap hari (istiqomah) ketika pagi, sore maupun di malam hari.
  2. Dapat menambah dengan mendengarkan Mp3 surat Al Mukminuun ayat 115-116 dan Surat Asy Syu’araa ayat 78-81  hendak beristirahat tidur siang ataupun malam.
  3. Apabila hendak minum obat dokter, caranya memegang obat tersebut lalu bacalah surah tersebut dilanjut dengan kalimat tauhid serta sholawat Nabi 7x, niatkan hati untuk meminta kesempuhan Allah. InsyaAllah obat menjadi lebih mantap.
  4. Dapat dibaca sebagai bacaan sholat atau dibaca sebagai wirid dzikir harian dengan melakukan cara bersungguh-sungguh yakni memahami makna dan maksud dari surat tersebut.

5. Surat al-Nahl Ayat 49-50

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مِن دَابَّةٍ وَالْمَلَائِكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ () يَخَافُونَ رَبَّهُم مِّن فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Dan segala apa yang ada di langit dan di bumi hanya bersujud kepada Allah yaitu semua makhluk bergerak (bernyawa) dan (juga) para malaikat, dan mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri. Mereka takut kepada Tuhan yang (berkuasa) di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka).” (QS. al-Nahl : 49-50)

6. Surat al-Isra’ Ayat 44

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمَاوَاتُ السَّبْعُ وَالْأَرْضُ وَمَن فِيهِنَّ ۚ وَإِن مِّن شَيْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ وَلَٰكِن لَّا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ ۗ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.” (QS. al-Isra’ : 44)

Cara Mengamalkan

  1. Bacalah surat Al-Nahl ayat 49-50 serta surat Al Israak ayat 44 setiap hari (istiqomah) ketika pagi, sore maupun di malam hari.
  2. Dapat menambah dengan mendengarkan Mp3 surat Al Nahl ayat 49-50 dengan surat Al Israak ayat 44 hendak beristirahat tidur siang ataupun malam.
  3. Apabila hendak minum obat dokter, caranya memegang obat tersebut lalu bacalah surah tersebut dilanjut dengan kalimat tauhid serta sholawat Nabi 7x, niatkan hati untuk meminta kesempuhan Allah. InsyaAllah obat menjadi lebih mantap.
  4. Dapat dibaca sebagai bacaan sholat atau dibaca sebagai wirid dzikir harian dengan melakukan cara bersungguh-sungguh yakni memahami makna dan maksud dari surat tersebut.

Apabila sedang menderita penyakit ringan, sedang ataupun kronis (komplikasi), anda dapat membaca surah dalam ayat Al Qur’an diatas setiap hari dengan cara menggabungkannya. Niatkan dalam hati untuk meminta kesembuhan pda Allah SWT.

Selain itu tidak lupa juga untuk menambah bertasbih dzikir wirid dengan membaca kalimat Subhanallah, Astagfiruallah, dan doa Mustajab Nabi Yunus:

لَّا إِلَٰهَ إِلَّا أَنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

”Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang dhalim.” (QS. al-Anbiya’ : 87)

Itulah beberapa surah dalam ayat Al-Qur’an untuk memohon / minta kesembuhan Allah SWT. Semoga mengenai doa amalan ayat Al Qur’an untuk menyembuhkan segala penyakit dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Sumber: amalandoawirid

Tags: #Ayat al-Qur'an #Kitab Suci #Penyembuh Penyakit

Author: 
    author