6 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Melatih Anak Berjalan dengan Aman

718 views

Melatih anak berjalan merupakan hal yang sangat penting dalam pertmbuhan anak, karena anak sudah mulai bisa bergerak jauh lebih aktif daripada sebelumnya.

Maka dari itu peran orang tua sangat penting dalam mendampingin anak ketika sedang belajar berjalan.

Karena proses yang melibatkan banyak otot dan memerlukan keseimbangan, sehingga berisiko menyebabkan cedera pada anak.

Dan ada beberapah hal yang harus bunda perhatikan mulai dari membimbing dan menyediakan tempat yang aman unuk melatih anak berjalan.

1. Dorong Anak Untuk Aktif Bergerak
Dalam melatih anak bunda juga harus kreatif dengan mengetahu apa yang dia sukai, seperti mainan, letakkan mainan dengan jarak yang jaun dari anak seperti di sofa.

Karena dengan begitu dia akan mengambilnya sambil berdiri, dengan begitu anak akan aktif bergerak dan kekuatan ototnya akan terasah.

Loading...

2. Hindari Penggunaan Baby Walker
Terkandang bunda memberikan anak baby walker dalam melatih berjalan, pada dasarnya baby walker tidak membahayakan namun akan beresiko tersandung.

Begitupun anak akan bermalas-malasan sehingga malas untuk menggerakan otot-ototya.

3. Pastikan Kondisi Ruangan Aman
Stelah anak mulai aktif bergerak, pastikan anak berada dalam ruangan yang aman dan tidak terjadi cedera akibat tersandung dan kejedot meja.

4. Berikan Mainan yang Mendukung
Cara sederhna ini bisa bunda lakukan dengan mebelikan anak mainan yang mendukung dia untuk tetap berlatih dan menggerakan ototnya.

Bunda bisa membelikan mobi-mobilan sehingga diaakan mendorongnya dan berhatihati takut mainan yang bunda belikan terksturnya licin.

5. Biarkan Anak Berjalan Tanpa Alas Kaki
Bunda tidak perlu khawatir ketika bermain anak tidakmenggunakan alas kaki, karena dengan begitu membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuhnya.

Karena dengan memakai kaos kaki atau sepatuhanya akan membuat kaki anak tidak lurus dan tidak tumbuh dengan baik.

6. Bimbing Anak Berjalan
Untuk pemula bunda harus bisa membimbing anak dengan dimulai dari berdiri dan melangkah setapak demi setapak kaki yang dilakukakan oleh anak dengan bantuan bunda. [alodokter.com]

Tags: #Anak Belajar #Melatih Anak #Melatih Berjalan #Pertumbuhan Anak #Rumah Tangga