7 Hikmah dan Rahasia Dibalik Turunnya Hujan yang Harus Kita Ketahui (1)

428 views

Hujan adalah rahmat Allah Ta’ala. Hujan menjadi sangat istimewa sebab terdapat berkah dan dikabulkannya doa di dalam hujan.

Ulama dari Mesir Syeikh Ahmad Al-Mishri menjelaskan bahwa Rasulullah (SAW)  takut saat ada mendung.

Takut akan menjadi azab. Jika Nabi melihat mendung Beliau berdoa agar membawa berkah.

Saat hujan turun, Rasulullah SAW mensyukurinya dan menjadikannya sebagai kesempatan terbaik memanjatkan doa.

Sebagaimana hadis dari Sahl bin Sa’d bahwa Beliau SAW bersabda: “Dua doa yang tidak akan ditolak, yaitu doa ketika adzan dan doa ketika turunnya hujan.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

Dan Jika turun hujan lebat, hendaknya membaca doa sebagaimana yang diajarkan Nabi SAW.

Loading...

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR. Al-Bukhari)

Inilah 7 Rahasia Hujan dan Hikmahnya:

Pertama, Hanya Allah yang Mampu Menurunkan Hujan
Allah Ta’ala berfirman:

مَا يَفْتَحِ اللَّهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۖ وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُ مِنْ بَعْدِهِ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya.

Dan apa saja yang ditahan oleh Allah, maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Fathir: 2).

Kedua, Hanya Allah yang Tahu Turunnya Hujan.
Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat, dan Dialah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim.

Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok.

Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Luqman: 34)

Inilah lima hal yang disebut dengan Mafatihul Ghaib (kunci ilmu ghaib). Dan di antara kunci ilmu ghaib adalah diturunkannya hujan. Meskipun diberitakan di televisi bisa saja keliru. Sebab Dia-lah (Allah) yang mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.

Ketiga, Malaikat yang Bertugas Turunkan Hujan.
Dalam Al Mu’jam Al-Kabir, Imam Ath-Thabrani meriwayatkan tentang percakapan Rasulullaah SAW dengan Malaikat Jibril, di antaranya:

قُلْتُ: عَلَى أَيِّ شَيْءٍ مِيكَائِيلُ؟ قَالَ: عَلَى النَّبَاتِ وَالْقَطْرِ

“Aku (Rasulullaah shallallaahu ‘laihi wa Sallam) bertanya, ‘Tentang apakah Mikail itu ditugaskan? Ia (yaitu Jibril) menjawab, ‘Ia ditugaskan mengurus tanaman dan hujan.”

Malaikatlah yang mengurus dan mengatur hujan. Maka inilah tugas Malaikat untuk menurunkan Hujan.

loading...
loading...

Tags: #Hikmah JHujan #Manfaat Hujan #Rahasia Hujan