7 Keutamaan Sedekah Kembali Pada Orang yang Bersedekah

1357 views

Shodaqoh dapat memanjangkan umur dan menolak bala’. Kita sebagia muslim yang soleh hendak gemar bersedekah, kemanfaatannya juga akan kembali pada orang yang bersedekah.

Ada banyak keutamaan dalam sedekah ini. Ibnul Qoyyim mengatakan,


أنها تقي مصارع السوء وتدفع البلاء حتى إنها لتدفع عن الظالم وتطفئ الخطيئة وتحفظ المال وتجلب الرزق وتفرح القلب وتوجب الثقة بالله وحسن الظن به

“Sungguh bersedekah itu mencegah kematian yang jelek, mencegah bala’ sampai penggemar maksiat pun terjaga dari bala’ karena rajin bersedekah, menghapus dosa, menjaga harta, mendatangkan rezeki, membuat gembira hati dan menyebabkan hati yakin dan baik sangka kepada Allah.” (Uddah ash-Shabirin hlm 490)

Diantara manfaatnya Sedekah adalah:

Pertama: Mati Khusnul Khatimah, InsyaAllah
Orang yang gemar bersedekah akan dijaga Allah dari kematian yang buruk. Contoh mati sedang maksiat, mati dicabik-cabik singa, dimakan buaya, mati dalam keadaan mengenaskan, mati dibunuh orang atau bahkan dimutilasi, dll.

Kedua: Tolak Bala’
Sedekah dapat Mencegah tertimpanya bala’, wabah, malapetaka. siapapun orang yang bersedekah baik muslim taat atau tidak insyaAllah akan terhindar dari segala marabahaya.

Ketiga: Menghapus Dosa
Jika memberi anjing kehausan saja dapat menghapus dosa pelacur, apalagi sedekah kepada yang mencari ilmu agama, penghafal al-Qur’an, dll. Perbanyaklah Sedekah karena itu dapat menghapus dosa pelakunya.

Loading...

Keempat: Sebagai Penjaga Harta
Sedekah merupakan perintah Allah dan NabiNya. Nabi Muhammad berjanji siapa yang memenuhi perintah Allah, maka ia akan dijaga dan hartanya.

Kelima: Berkah rejeki
Sedekah bisa mendapatkan keberkahan rezeki. Sedsangkan pelit akan berdampak kehancuran harta atau hilangnya keberkahan pada harta.

Keenam: Ketenangan Hati
Sedekah adalah Sumber kebahagiaan hati. Dengan bersedekah insyaAllah akan mendatangkan hati damai.

Ketujuh: Husnud Dzan Pada Allah
Sedekah adalah melatih diri untuk yakin dan berbaik sangka kepada Allah.

Tags: #Hati Damai #Keutamaan Sedekah #Pahala Sedekah