7 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan

1809 views

Ada yang beranggapan bahwa menangis itu cengeng, menangis itu rapuh, padahal sebenarnya tidak. Faktanya seseorang yang mudah menangis itu karena hatinya begitu lembut.

Air mata menetes karena ada faktor emosional sebagai pemicunya. Oleh karena itu, tidak usah malu-malu jika ingin menangis, karena ada banyak manfaat dibalik tetesan air mata itu:

1. Menyehatkan Tubuh
Menangis adalah reaksi emosi terhadap apa yang dirasakan pada saat itu juga. Air mata mengalir juga bukan hanya karena sedih, tap juga saat bahagia.

Tangisan yang bisa menyehatkan itu jika muncul karena efek emosional, seperti sedih.

Sementara air mata reflek seperti terkena debu, asap dan kotorannya lainnya berfungsi untuk melumasi dan melindungi mata dari infeksi.

2. Menenangkan Tubuh
Setelah menangis, biasanya seseorang akan merasa lebih tenang. Sebagaimana diungkap oleh peneliti bahwa tangisan bisa mengaktifkan syaraf parasimpatis yang bisa membantu tubuh bersitirahat dengan rileks.

Loading...

3. Mengurangi Rasa Sakit
Ketika seseorang menangis dalam waktu yang lama maka akan menghasilkan opioid endogen atau biasa disebut endorfin yang berfungsi untuk meringankan rasa sakit.

Menangis juga bisa menghasilkan oksitosin yang membantu perasaan seseorang jadi lebih tenang.

4. Mendapatkan Kenyamanan
Menangis membuat seseorang merasa nyaman karena dengan demikian orang terdekatnya bisa tahu bahwa engkau sedang butuh dukungan

Dukungan dari orang terkasih itulah yang membuat engkau merasa nyaman selain air mata.

5. Memulihkan Kesedihan
Wajar jika seseorang yang sedang berduka lebih banyak menangis, karena dia sedang dalam proses menerima kenyataan pahit atau kehilang orang yang dicintai. Tapi setelah menangis, kesedihan itu akan berkurang.

6. Mengembalikan Keseimbangan Emosional
Menangis juga bisa membantu seseorang mengembalikan keseimbangan emosionalnya. Bisa jadi, saat menangis itulah tubuh sedang merespon emosi agar kembali stabil.

7. Membangkitkan Semangat
Selain menghilangkan rasa satki, menangis juga bisa mengembalikan semangat. Karena ketika seseoran menangis hingga terisak, dia menghirup banyak udara dingin dengan cepat.

Kemudian udara dingin itu akan mengalir ke otak dan menurunkan suhu otak yang sedang hangat, dan semangat pun kembali pulih.

Tags: #Bagi Kesehatan #Manfaat Menangis #Menangis Sedih