7 Penyebab Munculnya Sifat Sombong Dalam Diri Manusia

1596 views

Jaman sekarang gampang sekali kita menemukan orang sombong, khususnya mereka yang kaya dan punya pangkat, meski tidak semuanya seperti itu.

Penting sekali bagi kita untuk mengetahui apa penyebab rasa sombong itu muncul dalam diri seseorang.

Dalam kitab Maroqil Ubudiyah karya Syekh Nawawi al-Bantani, ada 7 hal yang berpotensi membuat seseorang memiliki sifat sombong, yaitu:

1. Ilmu Pengetahuan
Seseorang yang memiliki ilmu pengetahun sangat berpotensi diserang penyakit sombong, karena bencana dari ilmu adalah kecongkaan.

2. Amal Ibadah
Potensi besar ulama dan ahli ibadah untuk dirasuki penyakit sombong itu memungkikan sekali. Tapi kesombongan mereka terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Sombong di dalam hati
    Merasa lebih baik dari orang lain karena telah beribadah lebih banyak dari orang lain. Orang yang seperti ini hatinya akan tertanam pohon kesombongan.
  2. Ditampakkan dalam perbuatan
    Misal marah ketika tidak di hormati, suka memalingkan wajah
  3. Sombong dalam perkatan
    Menyepelehkan amal ibadah orang lain, ia mengatakan bahwa dirinya selalu beribadah atau berkata: “ilmuku sangat banyak”

3. Keturunan
Faktor ketiga seseorang menjadi sombong karena keturunanya. Dia merendahkan orang lain yang tidak memiliki keturunan yang baik, meskipun ia adalah seseorang yang sangat alim dan baik amalnya.

Loading...

4. Ketampanan dan Kecantikan
Kecantikan dan ketampanan bisa membuat seseorang mencela orang lain, bisa membuka aib dan keburukan orang lain sebab dirinya merasa sempurna.

5. Kekayaan
Orang yang memperindah diri dengan kekayaan, kendaraan, jabatan, dan kekuasaan menurut Syekh Nawawi juga termasuk dalam ketegori sombong

6. Kekuatan
Seseorang yang memiliki kekuatan cenderung akan menindas yang lemah.

7. Memiliki Pengikut
Memiliki murid banyak dan pengikut yang fanatik juga akan menyebabkan seseorang berbangga diri dan jatuh ke dalam jurang kesombongan.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi somong sehingga kita harus lebih berhati-hati dalam bersikap.

Kita mudah menemuka orang sombong, tapi jangan sampai lupa untuk mengoreksi diri, jangan-jangan diri kitalah yang sombong selama ini. [bincangsyariah.com]

Tags: #Penyebab Sombong #Sifat Sombong