7 Sifat Setan yang Sering Dikerjakan Manusia (2)

267 views

Setan pasti selalu membisikan godaan kemaksiatan kepada manusia. Tanpa disadari, ternyata banyak sifat kita yang meniru sifat-sifat setan.

Inilah kelanjutan pembahasan sifat-sifat setan yang harus kita jauhi agar tidak mendapat murka Allah Ta’ala, yakni:

5. Ingkar Janji
Ingkar janji termasuk sifat setan dan sifat orang munafik.

Allah mencontohkan sifat ingkar janji yang dilakukan oleh setan.

Allah Ta’ala berfirman:

وَإِذْ زَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطَانُ أَعْمَالَهُمْ وَقَالَ لَا غَالِبَ لَكُمُ الْيَوْمَ مِنَ النَّاسِ وَإِنِّي جَارٌ لَكُمْ ۖ فَلَمَّا تَرَاءَتِ الْفِئَتَانِ نَكَصَ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ وَقَالَ إِنِّي بَرِيءٌ مِنْكُمْ إِنِّي أَرَىٰ مَا لَا تَرَوْنَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ ۚ وَاللَّهُ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Loading...

Dan ketika syaitan menjadikan mereka memandang baik pekerjaan mereka dan mengatakan: “tidak ada seorang manusia pun yang dapat menang terhadapmu pada hari ini, dan Sesungguhnya saya ini adalah pelindungmu”.

Maka tatkala kedua pasukan itu telah dapat saling lihat melihat (berhadapan), syaitan itu balik ke belakang seraya berkata: “Sesungguhnya saya berlepas diri daripada kamu” (QS. Al-Anfal :48)

Ayat di atas turun saat perang badar, waktu itu iblis berjanji akan menolong  musyrikin untuk dan iblis menyamar sebagai seorang lelaki bersama tentara.

Dan iblis berkata kepada orang musyrikin: “Kamu tidak akan kalah hari ini dan aku adalah penolong kamu”.

Namun iblis mundur tidak menolong  musyrikin saat melihat tentara malaikat, dan iblis  mengingkari janjinya untuk menolong musuh orang islam.

6. Nazgh (menghasut)
Nazgh berarti mencerca atau menfitnah, menghasut, membujuk dan membisik. Nazgh mengantarkan seseorang pada keraguan dan kerusakan akidah.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ ۚ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (QS. Al-A’raf : 200).

7. Hasad atau Dengki
Dengki, hati yang tidak senang pada kenikmatan orang lain dan berusaha ingin menghilangkan kenikmatan orang lain tersebut. Dengki  dapat menghancurkan pahala amal.

Rasulullah Shalallahu Alaihi wa sallam menggambarkan betapa tercelanya kedengkian itu. Beliau bersabda:

إِيَّاكُ وَالْحَسَدَ فَإِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ (رواه البخاري عن أبي هريرة)

”Kedengkian memakan kebaikan sebagaimana api membakar kayu bakar” (HR. Abu Daud dari Abu Hurairah).

Tags: #Bujuk Setan #Musuh Manusia #Rayuan Setan