7 Tips Untuk Istri Agar Suami Tidak Pindah ke Lain Hati

1132 views

Di dalam hidup kita pasti akan merasa jenuh dengan segala aktivitas yang kita jalani.

Tidak menutup kemungkinan juga kita akan merasa bosan kepada pasangan kita sendiri. Sehingga kita harus mencari solusi agar bisa mengatasi masalah hal ini.

Kita harus melakukan beberapa cara agar pasangan kita tidak merasa bosan kepada kita, terutama istri harus bisa menaklukkan hati suami sehingga tidak pindah ke lain hati. Berikut tipsnya:

1. Jangan Malas Belajar Agama
Jika istri mempelajari agam dengan baik maka tentu akhlaknya akan baik.

Dan secara tidak langsung sang istri telah mengarahkan suami untuk semakin bertaqwa kepada Allah, sehingga tidak akan selingkuh ke lain hati.

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ

“… Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama …” (QS. Fathir: 28).

Loading...

2. Taat Pada Suami (Selama Dalam Kebaikan)
Ada sebuah hadits dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad pernah ditanya: “Siapakah wanita yang paling baik?”

Beliau menjawab, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci.” (HR. an-Nasa’i)

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad)

3. Menuruti Ajakan Suami
“Jika seorang pria mengajak istrinya ke ranjang, lantas si istri enggan memenuhinya, maka malaikat akan melaknatnya hingga waktu Shubuh.” (HR. Bukhari)

4. Mempercantik Diri Saat Ada Suami
“Istri-istri kami punya kebiasaan memakai pewarna kuku di malam hari. Jika tiba waktu Shubuh, pewarna tersebut dihilangkan, lalu mereka berwudhu dan melaksanakan shalat. Setelah shalat Shubuh, mereka memakai pewarna lagi. Ketika tiba waktu Zhuhur, mereka menghilangkan pewarna tersebut, lalu mereka berwudhu dan melaksanakan shalat. Mereka mewarnai kuku dengan bagus, namun tidak menghalangi mereka untuk shalat.” (HR. ad-Darimi)

5. Istri Tidak Suka Menuntut
Istri jangan menuntut diluar batas kemampuan suaminya. Istri harus ikhlas dan menerima pemberian suaminya, karena itulah kemampuan terbaiknya.

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah kepadamu.” (HR. Muslim).

6. Tinggal di Rumah
Istri yang baik adalah istri yang lebih sering menetap di rumah bersama keluarga, ketimbang keluyurn tidak jelas.

Di dalam al-Qur’an Allah juga sudah jelas memerintahkan wanita agar lebih banyak menetap di rumah. Allah berfiman:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ ۖ

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliah dahulu …” (QS. al-Ahzab: 33)

Sesungguhnya perempuan itu aurat. Jika dia keluar rumah maka setan menyambutnya. Keadaan perempuan yang paling dekat dengan wajah Allah adalah ketika dia berada di dalam rumahnya.” (HR. Ibnu Khuzaimah)

7. Mengingatkan Suami Saat Berbuat Salah
Sebagai istri harus mengingatkan suami dengan cara yang baik dan halus saat mendapati suaminya berbuat salah. Allah berfirman,

وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنكَرِ وَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

“… dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf (baik) dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting.” (QS. Luqman: 17). [islampos.com]

Tags: #Pindah Kelain Hati #Suami Lengket

Author: 
    author