8 Cara Agar Menjadi Istri yang Penyabar

475 views

Menjadi orang yang penyabar itu tidaklah mudah, namun sebagai ibu dan istri haruslah berusaha agar menjadi orang yang penyabar.

Karena semua orang sangat membutuhkan rasa sabar, bahkan tidak hanya umat islam, non muslim saja juga berlomba-lomba ingin memiliki jiwa penyabar. Allah berfirman:

أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“… ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS. ar-Ra’du[13]: 28)

Dengan mengingat Allah hati dan jiwa kita menjadi tenang juga teduh. Nyatanya tidak peru dengan kiat-kiat yang ribet sebab hanya dengan kembai kepada Allah jiwa kita akan emnjadi tenang dan teduh.

Karena diri kita perlu diingatkan bahwa hanya kepada Allah tempat kembali. Dengan beberapa cara ini kita diahrapkan untu selalu mengingat Allah. Hanya Allah temapt kita kembali dan keadaan suka maupun duka.

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam hidup anda agar mejadi istri penyabar dan tidak gampang marah:

Loading...

1. Fokus Kepada Tujuan yang Ingin Dicapai
Kita harus fokus pada tujuan awal dan tujuan akhir kita sehingga kita akan tetap berada pada jalur yang tepat. Walau ada cobaan menghadang maka kita akan tetap satu arah.

Tidak akan mundur atau lari kesamping karena sudah fokus pada tujuan akhir. Walau prosesnya berat maka Insya Allah akan dilalui jika yang diharapkan adalah ridho ilahi.

2. Biasakan Mencatat dan Menulis
Kita harus menulis proses dan tujuan akhir kita karena dengan menulis secara tidak langsung kita sedang melakukan terapi kesabaran.

Dengan menulis kita akan lebih mengathui secara detail apa rencana kita, bagaimana prosesnya untuk mencapai tujuan.

Dan kita akan mengetahui sejauh mana proses kita yang sudah dicapai dan apa saja yang harus dilakukan agar tujuannya tercapai tentu hal ini akan menjadi hal terpenting.

3. Berpikir Positif
Jauhkan diri kita dari pikiran yang negatif, berfikirlah positif karena piiran positif akan memberikan aura baik terhadap sikap dan prilaku kita.

Dengan memiliki penikiran yang positif kepada diri sendiri, orang lain juga lingkungan sekitar akan memberikan pengarush positif kepada kita. Orang lain pun akan merasa senang berada disekitar kita.

Dengan berfikir positif maka kita akan mendapatkan kebaikan serta rasa nyaman walau kita berada pada suatu masalah.

Contoh didalam kehidupan rumah tangga ketika suami sangat capkek, tidak biasanya pulang larut malam tanpa memberi kabar terlbih dahulu.

Lalu suami pulang dalam keadaan capek dan tidak mau diajak bicara ia pun datang begitu larut.

Sebagai istri harus bersikap layaknya istir yang harus menjaga kenyamanan suami. Misal menawarkan suami mandi air hangat atau menawarkan minuman hangat sehingga menenangkan hati suami.

4. Biasakanlah Untuk Beristirahatlah
Beristirahatlah jangan merasa membuag waktu hanya karena istirahat, sebab banyak dari mereka yang merasa waktunya terbuang sia-sia hanya karena beristirahat.

Padahal tubuh kita membutuhkan yang namanya istirahat untuk memulihkan tenaga, pikiran sehingga setelah beristirahat diri kita menjadi lebih segar, lebih cerdas dan lebih segar.

Karena banyak dari kita baik ibu rumha tangga tau pelajar yang merasa waktunya terbuang jika istirahat padahal jika dipaksakan akan membuat fisiknya menurun dan tidak akan bisa berfikir secara optimal.

Maka harus memberi waktu untuk tubuh dan pikiran agar istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh.

5. Hindari Perilaku yang Membosankan
Ketika seseorang tidak sabar maka akan memicu hal-hal yang bisa membuat bosan. Misal menunggu antrian panggilan diloket, atau ketika menunggu sesuatu lakukan suatu kegiatan yang membuat anda tidak bosan.

Misal dengan ber-murrotal memakai hp, al quran kecil, mendengarkan lagu islami, membaca buku atau lainnya.

6. Memahami Perbedaan Kesabaran Dengan Menunda Pekerjaan
Jangan menunda pekerjaan, karena inilah yang akan menjebak kita untuk berpirlaku malas, sehingga pekerjaan kita akan menjadi terbengkalai ketika sudah rasa malas menguasai pikrian kita.

Apa yang harus dilakukan lebih baik kerjakan langsung dan rasa sabar harus menjadi pegangan untuk proses hasil akhirnya.

7. Berpikirlah “Sakit Dahulu, Bersenang Kemudian”
Kita harus memiliki pemikiran bahwa kita harus bersusah-sudah terlebih dahulu lalu kemudian bersenang-senang.

Hal inilah yang harus kta tanamkan kepada diir kita sehingga kita tidak hanya akan melakukan hal yang membuat kita senang sesaat atau menghamburkan apa yang sudah kita dapat.

Namun kita memiliki target dan harus berusaha untuk berporses demi mendapatkan hasil yang diinginkan. Itulah 7 cara bagi para istri agar menjadi istri yang penyabar. [ummi-online.com]

Tags: #Istri Penyabar #Istri Sabar #Tisp Agar Sabar