8 Nama dan Tingkatan Surga Serta Kenikmatan Tak Terkira di Dalamnya

129 views

Kenikmatan yang kekal di akhirat adalah menempati surga. Tak ada kehidupan lagi setelah akhirat. Bagi yang masuk surga akan kekal didalamnnya dan yang masuk neraka akan mendekam di neraka.

Al-Qur’an menjelaskna bahwa surga mempunyai banyak, nama-namanya sesuai dengan tingkatannya. Berikut adalah nama-nama surga beserta tingkatannya:

Pertama, Firdaus
Surga Firdaus adalah surga tingkatan pertama tempatnya paling atas. Surga Firdaus ini terbua dari emas merah.

Orang yang akan menmpati surga ini adalah orang-orang yang khusyu dalam shalatnya dan menjauhkan diri dari perbuatan/perkataan yang tidak berguna.

Dan orang yang menjaga kemaluannya, serta menunaikan amanah untuk dirinya, menepati janji dan menjaga shalatnya.

Kedua, ‘Adn
Surga ‘Adn ini berada di tingkat kedua. Surga ‘Adn terbuat dari intan putih. Orang yang akan menempati surga ini adalah orang-orang yang beriman dan beramal sholeh. Dan orang-orang yang berbuat baik, serta orang-orang yang sabar dengan cobaan dan rintangan.

Loading...

Ketiga, Na’im
Surga Na’im ini  tingkatan yang ketiga. Surga Na’im terbuat dari perak putih. Orang yang akan menempati surga ini  adala orang-orang yang bertakwa dengan takwa yang sungguh-sungguh, dan tidak dicampuri dengan urusan duniawi.

Keempat, Ma’wa
Surga Ma’Wa ada pada tingkat keempat. Surga Ma’wa terbuat dari jamrud hijau. Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh yang akan menempati surga ini.

Kelima, Darussalam
Surga Darussalam ada pada surga tingkat kelima. Surga Darussalam terbuat dari yakut merah. Orang yang akan menpati surga ini adalah orang-orang yang mempertahankan iman dan islamnya terhadap Allah.

Keenam, Darul Muqamah
Surga Darul Muqamah adalah surga yang ada pada tingkat keenam. Surga Darul Muqamah terbuat dari permata putih. Orang yang akanmmenmpati surga ini adalah orang yang selalu bersyukur kepada Allah.

Ketujuh, Al-Maqamul Amin
Surga Al-Maqamul Amin ada di tingkat ketujuh. Surga Al-Maqamul amin terbuat dari permata putih. Orang-orang yang bertakwa yang akan menempati surga ini.

Orang yang menempati surga ini tidak akan merasa ketakutan dan kekhawatiran sama sekali dalam hatinya.

Kedelapan, Khuldi
Surga Khuldi ada di tingkat kedelapan. Surga Khuldi terbuat dari marjan merah dan kuning. Orang yang akan menmpati secara khusus surga ini adalah orang-orang yang selalu menjalani perintah Allah, dan menjauhi laranganya.

Tags: #Indah Surga #Nikmat Surga #Surga Akhirat