8 Syarat Wanita yang Dirindukan Surga

1306 views

Muslimah pasti ingin masuk surga. Yang suka maksiatpun pasti ingin masuk ke dsalam surga. Karena sebenarnya kita memang ingin merasakan kenikmatan di akhiran.

Bukan hanya kita yang ingin dan rindu akan masuk surga tapi surga juga dapat merindukan kita (muslimah).

Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Pemuka wanita ahli surga ada empat: Maryam bintu Imran, Fatimah bintu Rasulillah SAW, Khadijah bintu Khuwailid, dan Aisyah.” (HR. Hakim)

Dalam hadis lain Rasulullah pernah menjelaskan sebagai berikut:

“Jika seorang wanita selalu menjaga salat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, “Masuklah ke surga melalui pintu manapun yang engkau suka.” (HR. Ahmad; shahih)

Loading...

Ini kriteria wanita yang dirindukan surga yang tertulis juga dalam Al Qur’an dan beberapa hadis lainnya;

Pertama, Wanita Penyabar
Dalam surat Al Ahzab (33): 35, Allah berfirman:

 

إِنَّ ٱلْمُسْلِمِينَ وَٱلْمُسْلِمَٰتِ وَٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَٱلْقَٰنِتِينَ وَٱلْقَٰنِتَٰتِ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلصَّٰدِقَٰتِ وَٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰبِرَٰتِ وَٱلْخَٰشِعِينَ وَٱلْخَٰشِعَٰتِ وَٱلْمُتَصَدِّقِينَ وَٱلْمُتَصَدِّقَٰتِ وَٱلصَّٰٓئِمِينَ وَٱلصَّٰٓئِمَٰتِ وَٱلْحَٰفِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَٱلْحَٰفِظَٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ ٱللَّهَ كَثِيرًا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”

Karna sabar akan menghantarkan pada ampunan Allah dan akan bisa mendapatkan rahmat-Nya berupa surga.

Kedua, Mendidik Putri Perempuan dengan Baik
Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa diuji dengan anak-anak perempuan dengan sesuatu, kemudian dia tetap berbuat baik kepada mereka, maka anak-anak perempuan tersebut bisa menjadi penghalang baginya dari api neraka.”

Penjelasan dari hadis tersebut, mendidik anak perempuan dengan sebaik-baiknya adalah penghalang bagi seseorang untuk masuk neraka. Terutama ibu yang adalah wanita.

Ketiga, Sabar dengan Penyakit
Penyakit adalah sebuah cobaan yang akan bisa mengangkat derajat jika kita bersabar.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Atha’ bin Abi RabahRadhiyallahu-anhu, yang berbunyi: Ibnu Abbas ra. pernah bercerita kepadaku , “Ada seorang wanita yang datang ke Rasulullah SAW dan berkata, ‘Wahai Nabi, aku menderita penyakit sejenis ayan, bila penyakit itu kumat aku tidak sadar sampai membuka auratku,

berdoalah kepada Allah agar menyembuhkanku.’ Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam berkata, ‘Bila kamu mau bersabar maka bagimu surga, tetapi bila tidak maka aku bisa mendoakanmu kepada Allah.’

Wanita tadi menjawab . ‘Baiklah aku bersabar, tetapi doakan agar aku tak sampai membuka aurat.’ Maka, Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam pun mendo’akannya.”

Keempat, Mengharap Ridha Suami
Dalam sebuah hadis Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam pernah menjelaskan bahwa wanita penghuni surga adalah wanita yang selalu meminta ridha suaminya.

Kelima, Tidak Pernah Menyakiti Orang Lain
Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam pernah menjelaskan bahwa wanita yang hanya mampu salat lima waktu dan bersedekah dengan sepotong keju namun tidak pernah menyakiti hati siapapun itu adalah penghuni surga.

Keenam, Amar Ma’ruf nahi Munkar
Mengerjakan perkara ma’ruf mencegah yang munkar, laki-laki maupun wanita, mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Dan menjadi calon penghuni surga.

Ketujuh, Keturunan
Wanita melahirkan dan mendidik anak-anaknya menjadi anak salih salihah akan mendapat tiket surga. Bahkan, wanita  meninggal karena melahirkan ia dianggap mati syahid.

Kedelapan, Berbakti pada Orangtua
Berbakti pada orang tua adalah fardhu kifayah. Wanita yang berbakti pada orang tua insyallah akan menjadi ahli surga yang diridhai oleh Allah.

Tags: #Penghuni Surga #Surga untuk Wanita #Wanita Surga